28.8 C
Jakarta
Friday, August 19, 2022

Bangkok, Menjadi Jejak Masuknya Islam

Bangkok Adalah Ibu Kotanya Thailand

Islam masuk ke Thailand diduga melalui pedagang dari Arab, Cina, dan India pada abad ke-10 M. Ada pula yang mengatakan Islam masuk melalui Kerajaan Samudra Pasai di Aceh. Wilayah pertama di negeri Gajah Putih yang menerima Islam adalah Patani. Patani dikenal memiliki pelabuhan yang strategis pada zamannya.

thailand merupakan salah satu negara ASEAN yang banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Penduduk Negeri “Gajah Putih” ini mayoritas beragama Budha, Meskipun penduduk muslim Thailand kini diyakini telah melebihi 10%, namun pada umumnya mereka tinggal di Thailand Selatan.

Khususnya di wilayah Pattani, Sementara di Bangkok yang merupakan ibu kota Thailand, populasi penduduk muslim masih sangat sedikit.

Menggunakan Transportasi Modern

Transportasi yang paling mudah untuk menjangkau lokasi ini adalah dengan menggunakan Airport Link dan berhenti di Stasiun Ramkhamhaeng.

Islamic Center ini didirikan pada 1 Oktober 1954 oleh Komunitas Muslim Thailand dalam rangka memperjuangkan hak-hak konstitusional mereka mengenai kebebasan berkeyakinan.
Sejak saat itu, Komunitas Muslim Thailand mendirikan masjid di lokasi ini dengan arsitektur unik, gabungan antara arsitektur Siam dengan Timur Tengah.
Masjid ini akhirnya selesai dibangun tahun 1984 dengan total biaya mencapai 54 juta bath atau Rp 20 miliar, Anggaran pembangunan masjid ini merupakan sumbangan muslim lokal dan asing, Sebagiannya juga diperoleh dari Kerajaan Thailand. \
Masjid ini mampu menampung sekitar tiga ribu jamaah, Selain masjid di Islamic Center yang terdiri atas dua lantai ini juga terdapat sebuah auditorium besar, ruang resepsi VIP, beberapa gedung kantor, toko buku, perpustakaan, dan sejumlah warung makan.
Dua jam sebelum shalat Jumat, lokasi ini sudah mulai ramai karena Pelataran parkir di halaman masjid pun cepat sekali penuh.
Setelah shalat jumat, jamaah umumnya tidak langsung pulang. Mereka memanfaatkan waktu untuk makan-makan bersama saudara muslim lainnya yang mungkin jarang bertemu pada waktu yang lain.
Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDuniaIslam”

 

Baca Juga :  Inilah Ilmuwan Islam Dan Mahaguru Dokter Bedah Pertama Didunia

Baca Juga: umat muslim berjuang di kutub utara, demi ibadah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles