29.9 C
Jakarta
Friday, August 19, 2022

Fakta Menarik Bunga Mawar

Hallo Sobat, pasti kalian sudah pernah mendengar apalagi melihat bunga mawar bukan? Nah berikut ini merupakan Fakta Menarik Bunga Mawar

Fakta Menarik Bunga Mawar
Foto Istimewa

Bunga mawar dapat dijadikan buket bunga sebagai hadiah untuk orang terkasih. Selain itu buket bunga mawar juga dapat dijadikan karangan bunga untuk mengucapkan duka cita ataupun “selamat” atas kesuksesan pembukaan toko usaha dan sebagainya.

Rangkaian bunga mawar selalu ada di jejeran rak florist dan tak pernah absen, terlebih jenis mawar merah. Keindahan bunga mawar tak lekang oleh waktu, baik hanya setangkai ataupun jika digabungkan menjadi sebuah karangan bunga tetap akan terlihat indah dipandang.

1. Tanaman tertua di dunia

Bunga mawar merupakan tanaman tertua di dunia. Fosil bunga mawar ditemukan sekitar 35 juta tahun yang lalu di Florissant, Colorado, AS. Mawar tertua di dunia tumbuh selama lebih dari seribu tahun di dinding Katedral Hildesheim, di Jerman.

Keberadaan mawar tertua di dunia tersebut mulai didokumentasikan sejak 815 Masehi. Menariknya lagi, budidaya bunga mawar dimulai 500 tahun Sebelum Masehi dan menghasilkan sekitar 13.000 spesies mawar.

2. Setiap warna memiliki makna yang berbeda-beda

Bunga mawar memiliki lebih dari 100 spesies, dengan variasi warna, bentuk, dan juga preferensi iklim. Warna mawar tergantung pada spesiesnya dan setiap warna memiliki makna yang berbeda lho.

Mawar merah yang merupakan simbol dari cinta dan gairah, kemudian mawar merah muda yang memiliki makna cinta yang bersemi, lalu mawar kuning merupakan tanda persahabatan yang universal, mawar putih merupakan simbol kemurnian dan kedamaian, dan mawar oranye yang merupakan simbol dari hasrat dan semangat.

3. Banyak digunakan untuk bahan kuliner

Tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk membuat parfum, ternyata bunga mawar juga banyak digunakan untuk bahan kuliner, lho. Bagian pinggul dan kelopak mawar digunakan sebagai bahan membuat selai.

Baca Juga :  Sejarah Ditemukannya Headset

Selain itu, air mawar digunakan untuk membuat permen karet, nougat, dan baklava. Bunga mawar juga sering digunakan untuk membuat kue dan juga salad. Wah, gak hanya wangi namun juga lezat!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles