Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan Meningkatkan Sistem Imun
Foto Istimewa

Jambu air adalah salah satu jenis jambu yang memiliki banyak kandungan air daripada jambu biji. Jambu air atau Syzygium samarangense merupakan tanaman asli Bangladesh di Kepulauan Solomon. Namun banyak dibudidayakan di beberapa negara, salah satunya adalah di Indonesia. Jambu air biasanya berwarna merah, namun ada pula yang hijau. Tak kalah ajaib dari jambu biji yang memiliki banyak manfaat, jambu air juga bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin dalam porsi yang wajar. Jambu air adalah sumber vitamin C dan A, serat, kalsium, tiamin, niasin, potasium, myricetin, hexahydroxyflavone, fenolik, flavonoid dan zat besi. Semua kandungan ini memiliki fungsi beragam mulai dari antimikroba, antioksidan, antihiperglikemik, hingga kanker.

8. Mengurangi kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau lipoprotein densitas rendah dapat menyebabkan penumpukan lemak, endapan lilin di arteri dan membuat jantung berisiko terkena penyakit serius, seperti komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan kadar kolesterol yang tinggi, termasuk stroke dan penyakit jantung koroner. Namun, nutrisi dan serat dalam jambu air memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kolesterol jahat secara positif, dan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Membersihkan racun dalam tubuh

Bahan kimia beracun dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis. Jambu air dapat menghilangkan zat beracun dari tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

6. Meningkatkan sistem imun

Penelitian telah menunjukkan, bahwa komponen aktif dalam jambu air yang dikaitkan dengan efek antimikroba dan antijamur dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi dan dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan terhadap penyakit menular.

5. Mengontrol gula darah

Jambosine adalah sejenis alkaloid yang ditemukan dalam jambu air. Zat tersebut telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Ini bisa menjadi perkembangan yang sangat penting bagi seseorang yang menderita diabetes. Penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa jambosine dapat mengontrol gula darah. Secara tradisional, infus dari bubuk biji buah jambu air yang dipanggang diklaim mampu melawan diabetes seperti dikutip dari healthbenefitstimes.com.

4. Melawan radikal bebas

Jambu air memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas, mengoksidasi sel yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak penyakit serius, sehingga tubuh membutuhkan makanan yang kaya antioksidan untuk membatasi oksidasi molekuler. Dengan mengonsumsi jambu air, maka dapat mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas.

3. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Jambu air memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit seperti acne vulgaris. Infeksi kulit juga bisa diobati dengan daun tanaman jambu air. Antioksidan dalam jambu air membantu menjaga kesehatan kulit secara optimal dengan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stres, polusi, dan pola makan yang buruk. Sering mengonsumsi jambu air juga dapat membuat kulitmu lembut, kenyal dan awet muda.

2. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada jambu air membuatnya sangat baik untuk mengatur jalannya makanan melalui saluran pencernaan. Selain itu, jambu air juga dapat pengatasi sembelit, diare dan disentri.

1. Mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya nutrisi membantu mencegah pertumbuhan tumor di beberapa bagian tubuh. Kehadiran vitamin C yang merupakan antioksidan memiliki beberapa peran kunci dalam tubuh manusia. Serta vitamin A dan senyawa organik aktif lainnya dapat membantu mencegah tubuh dari efek penyakit kanker. Ilmuwan kesehatan telah meneliti dan menunjukkan bahwa jambu air penting dalam mengobati prostat dan kanker payudara.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan Meningkatkan Sistem Imun artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!