Channel E – Jeruk nipis mungkin selama ini lebih dikenal dan banyak digunakan sebagai buah atau bahan makanan. Namun ternyata jeruk nipis juga dapat di manfaat-kan untuk melakukan perawatan kulit wajah sehingga kulit wajah tampak lebih sehat.

Jeruk nipis memang merupakan sumber antioksidan sehingga bisa mencegah timbulnya kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Secara khusus berikut beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk wajah kamu.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

gambar istimewa

Manfaat pertama dari jeruk nipis untuk wajah adalah membuatnya menjadi tampak lebih cerah dan segar. Jeruk nipis diketahui memiliki kandungan zat pemutih alami sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi tampak cerah.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah maka Kamu sebaiknya menggunakan jeruk nipis secara rutin. Maka dalam waktu yang cukup singkat tentu wajah Kamu akan tampak lebih putih dan lebih cerah serta terlihat lebih sehat.

2. Menghilangkan Flek Hitam

gambar istimewa

Buah jeruk nipis yang mengandung zat pemutih dan pencerah kulit rupanya juga dapat menyamarkan noda atau flek hitam. Untuk itu jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai penghilang noda flek hitam yang membuat wajah tampak kusam.

Cara penggunaan jeruk nipis untuk menyamarkan flek hitam adalah dengan mengoleskannya pada bagian kulit wajah lalu membiarkannya selama kurang lebih 30 menit. Selama melakukan perawatan wajah dengan menggunakan jeruk nipis ini sebaiknya hindarilah paparan sinar matahari secara langsung.

4. Mengobati Jerawat Membandel

gambar istimewa

Manfaat selanjutnya dari jeruk nipis adalah untuk mengobati jerawat yang membandel pada wajah. Jerawat sudah pasti menyebabkan tampilan wajah jadi tidak sempurna sehingga perlu segera diatasi.

Untuk mengatasi jerawat maka air jeruk nipis yang bersifat antibiotik bisa dioleskan pada wajah.  Namun kamu bisa mencampur jeruk nipis ini misalnya dengan madu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

5. Mencegah Penuaan

gambar istimewa

Kulit wajah bisa saja mengalami penuaan dini karena adanya paparan dari sinar UV yang kemudian menumpuk pada kulit. Penumpukan sinar UV ini kemudian menimbulkan bintik hitam serta berbagai macam tanda penuaan kulit yang lainnya.

Untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah maka Kamu bisa menggunakan kulit jeruk nipis sehingga dapat menghambat produksi melanin. Caranya adalah gosokkan saja kulit jeruk nipis pada wajah secara rutin hingga penuaan dapat dicegah secara maksimal.

6. Menghilangkan Kulit Cokelat

gambar istimewa

Zat pencerah kulit yang ada pada jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kulit wajah yang kecokelatan. Air jeruk nipis ini bisa ditambahkan ke dalam campuran tepung dan dadih yang sudah dibuat.

Campuran dari kesemua bahan tersebut nantinya akan menghasilkan semacam pasta. Kemudian Kamu bisa mengoleskan pasta tersebut secara merata pada kulit wajah lalu membiarkannya sampai mengering.

7. Mengencangkan Pori-Pori

gambar istimewa

Satu lagi manfaat dari jeruk nipis yaitu untuk mengencangkan pori-pori yang tebuka. Hal ini berkaitan dengan kandungan astringents yang ada pada jeruk nipis sehingga dapat meningkatkan pengencangan otot wajah sehingga pori-pori akan tertutup.

Proses pengencangan pori-pori pada wajah akan membuat kulit wajah Kamu menjadi tampak lebih segar dan tidak kusam.

9. Mengatasi Wajah Berminyak

gambar istimewa

Wajah yang berminyak dan membuat penampilan jadi tampak kusam juga bisa diatasi dengan menggunakan air jeruk nipis. Oleskan saja air jeruk nipis pada wajah sehingga produksi minyak yang semula berlebih akan menjadi normal dan bahkan berkurang.

Kulit berminyak pada wajah memang seringkali menjadi sumber masalah untuk itu kondisi ini harus segera diatasi.

Seluruh manfaat tersebut di atas tentunya bisa didapatkan dari penggunaan jeruk nipis dengan cara yang tepat. Sekalipun jeruk nipis ini hanyalah merupakan buah dengan ukuran bentuk yang kecil namun ternyata manfaatnya sangatlah besar terutama bagi wajah.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa diberikan jeruk nipis pada wajah maka kini Kamu tak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk merawat wajah. Sebab merawat kulit wajah kini bisa dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis saja.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here