29.3 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

Fakta Mengenai Burung Beo

Beo adalah burung piaraan yang sangat digemari orang karena kepandaiannya berbicara. Di alam, jenis burung ini hidup di hutan-hutan basah, terutama di bukit-bukit dataran rendah sampai daerah ketinggian 1000–2000 m di atas permukaan laut. Beo menyukai buah-buahan yang berdaging tebal dan tidak keras. Ia juga meminum nektar bunga. Untuk memenuhi kebutuhan protein burung beo makan serangga seperti belalang, jangkrik, capung dan telur semut. Beo bertelur dua sampai tiga butir setiap musim bertelur. Burung ini adalah burung yang tampak gagah & tampan, ukurannya agak lebih besar dari beo biasa & tubuhnya lebih kekar. Pilihan Beo Nias menjadi identitas Sumatra Utara memang tepat, karena burung ini hanya terdapat di Pulau Nias. Burung ini adalah penghuni hutan dan tinggal pada tajuk pohon yang tinggi. Beo ini mempunyai peran sebagai pemencar biji di hutan. Ini dia Fakta Mengenai Burung Beo :

Fakta Mengenai Burung Beo
                                         Foto Istimewa

1. Jaringan Shells Atau Cincin Luar pada Otak Burung Beo

Terdapat shells pada tiap jenis burung beo dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Menurut penelitian, semakin besar shells maka kemampuannya meniru suara manusia juga semakin baik, Kids.
Jaringan shells ternyata berevolusi sejak 29 tahun yang lalu, Kids.

2. Memiliki Struktur Otak yang Unik

Salah satu fakta unik di balik burung beo yang dapat menirukan suara manusia karena memiliki struktur otak yang unik. Berbeda dengan burung lainnya, perbedaan utama pada struktur otak inilah yang membuat burung beo dapat menirukan suara manusia.

Penelitian menemukan otak burung beo berbeda dengan spesies burung lain yang sama-sama dapat bernyanyi, seperti kolibri.

3. Menggunakan kaki mereka untuk makan

Menarik untuk diketahui bahwa burung beo memiliki kaki zygodactyl, yang berarti mereka memiliki empat jari kaki pada setiap kaki, dua menghadap ke belakang dan dua menghadap ke depan. Kaki mereka agak mirip dengan tangan manusia, dan karenanya mereka menggunakannya untuk memilih makanan dan memasukkannya ke mulut mereka.

Baca Juga :  Fungsi Hormon Gas Etilen pada Tumbuhan
Previous articleLotek Resep
Next articleTips Cara Mengobati Cantengan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles