Cantengan adalah penyakit infeksi bakteri atau jamur yang berkembang di sekitar kuku jari tangan dan kaki.Kaki cantengan atau cantengan di kuku tangan dapat muncul dalam hitungan hari sampai minggu, tergantung penyebabnya.

Infeksi yang ringan bisa diatasi dengan mudah. Namun, saat dibiarkan sampai kronis, cantengan bisa parah dan sampai membuat kuku terlepas.

Melansir Medical News Today, beberapa gejala atau ciri-ciri cantengan antara lain:

  • Kulit kemerahan dan bengkak di sekitar kuku yang teriritasi
  • Timbul gumpalan nanah di sekitar kuku yang teriritasi
  • Kuku berubah bentuk, warna, dan tekstur
  • Kuku terlepas dari jari yang terinfeksi

Cantengan umumnya disebabkan bakteri candida, staphylococcus, dan enterococcus.

Infeksi dapat terjadi saat kuman menyelinap ke kulit kuku yang bermasalah. Beberapa hal yang membuat kulit sekitar kuku bermasalah. Antara lain:

  • Kebiasaan menggigit kuku atau kulit sekitar kuku
  • Memotong kuku terlalu pendek
  • Manikur atau pedikur yang tidak steril
  • Kondisi tangan atau kaki terlalu lembab
  • Kebiasaan mengemut jari
  • Kuku yang tumbuh ke dalam

Selain penyebab di atas, risiko cantengan meningkat bagi perempuan, penderita diabetes, penderita dermatitis, pemilik daya tahan tubuh lemah, dan orang yang telapak tangan dan kakinya sering basah.Cantengan bisa diatasi dengan berbagai cara, tergantung tingkat keparahan, mulai dari ringan sampai kronis.

Berikut beberapa cara mengobati cantengan di kaki dan tangan yang bisa dijajal:

1. Rendam dengan air sabun hangat

Melansir Healthline, merendam kaki cantengan di air sabun hangat dapat membantu mengurangi bengkak dan nyeri.

Cara menyembuhkan cantengan dengan air sabun hangat cukup praktis. Siapkan sabun cair yang dituang ke air hangat. Tambahkan garam epsom untuk hasil optimal. Gunakan campuran tersebut untuk merendam cantengan selama 20 menit sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga :  Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia

2. Rendam dengan cuka apel

Selain air sabun, Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi cantengan. Bahan alami ini memiliki kemampuan antiseptik, antiperadangan, sampai antinyeri.
Cara mengatasi cantengan dengan cuka apel juga mudah. Siapkan baskom berisi air hangat yang dikombinasikan dengan 1/4 cangkir cuka sari apel. Rendam kaki atau tangan cantengan selama 20 menit setiap hari. Setelah itu, keringkan dengan seksama.

3. Oleskan salep cantengan

Cara mengobati cantengan lainnya yakni menggunakan salep cantengan yang biasanya tersedia di toko obat atau apotek. Salep cantengan ini dapat mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Ikuti petunjuk mengoleskan salep dengan tepat. Biasanya, salep digunakan tiga kali sehari.

4. Gunakan kaos kaki dan sepatu

yang nyaman Cantengan juga bisa disebabkan penggunaan kaos kaki dan sepatu yang terlalu sesak.Penderita cantengan perlu mengenakan kaos kaki dan sepatu yang nyaman untuk mencegah kuku tumbuh ke dalam semakin memburuk.

5. Minum obat pereda nyeri

Terkadang, cantengan disertai gejala nyeri atau sakit tak tertahankan. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, penderita disarankan minum obat pereda nyeri. Minum obat pereda nyeri ini sesuai dengan petunjuk dan dosis yang disarankan. Minum obat pereda nyeri di luar takaran yang disarankan dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut, diare, mual, dll.
Apabila berbagai cara mengobati cantengan di atas sudah dicoba namun belum berhasil, segera konsultasikan ke dokter.

Terutama jika gejala cantengan semakin parah atau infeksi cantengan meluas. Dokter biasanya akan mengobati cantengan dengan antibiotik untuk penyakit yang disebabkan bakteri.Apabila infeksi penyebab cantengan disebabkan jamur, dokter akan memberikan obat antijamur. Obat ini biasanya berbentuk oles atau topikal. Tak hanya pengobatan, dokter terkadang juga akan mengeluarkan nanah dari bengkak di sekitar infeksi. Penderita cantengan kronis yang membutuhkan pengobatan sampai berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Selama pengobatan, penderita wajib menjaga tangan dan kaki tetap bersih dan kering.

Baca Juga :  3 Fakta Kanguru Pohon Mantel Emas

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here