Sering beraktivitas di bawah sinar matahari dapat membuat kulit menjadi belang. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa membuat kulit yang tidak terlindungi oleh pakaian akhirnya jadi lebih hitam daripada kulit yang tertutupi pakaian. Kondisi ini bisa bikin kamu enggak percaya diri saat ingin mengenakan baju yang terbuka, bukan?

Sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang memberikan dampak negatif pada kulit kamu. Jika sering terpapar radiasi kedua ultraviolet ini, kamu berisiko mengalami masalah kulit, mulai dari kulit terbakar, kering, berkerut, mengalami penuaan dini sampai kanker kulit. Itulah alasan kamu dianjurkan untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Penyebab Warna Kulit Belang

Walaupun demikian, kulit tubuh manusia punya kemampuan untuk melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Saat terpapar sinar matahari, tubuh secara otomatis memproduksi pigmen bernama melanin untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel yang terganggu oleh radiasi.

Pigmen melanin ini yang mengubah warna kulit jadi lebih gelap. Semakin sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, semakin banyak sel kulit yang terganggu, sehingga warna kulit semakin gelap.

Tidak hanya paparan sinar matahari, warna kulit yang belang disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Paparan polusi yang terjadi terus-menerus juga dapat membuat warna kulit menjadi belang. Dilansir dari Dermalogica, partikel yang terkandung dan udara kotor dapat sebabkan bercak-bercak coklat pada kulit yang sering terpapar polusi.

Perubahan hormon dalam tubuh juga dapat sebabkan seseorang mengalami warna kulit belang. Warna kulit belang yang disebabkan oleh perubahan hormon umum dialami oleh wanita hamil atau wanita yang menggunakan alat kontrasepsi. Namun, perubahan warna kulit yang menjadi belang juga dapat disebabkan sebagai reaksi dari penggunaan kosmetik yang tidak cocok pada jenis kulit.

Baca Juga :  3 Kandungan Minyak Telon Beserta Manfaatnya untuk Bayi

Ketahui Cara Mengatasi Kulit Belang

Kabar baiknya, kulit yang menghitam ini bisa kembali ke warna kulit yang semula. Namun, kamu membutuhkan waktu yang lumayan lama, kira-kira beberapa minggu hingga bulan sampai melanin menghilang dari bagian kulit tersebut. Ketahui cara yang bisa dilakukan untuk meratakan warna kulit yang belang, yaitu:

61. Gunakan Tabir Surya

Dilansir dari Healthline, penggunaan tabir surya untuk meratakan kembali warna kulit dinilai cukup efektif. Jadi, jangan lupa untuk selalu gunakan tabir surya saat kamu akan melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan. Pilihlah tabir surya yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang menjaga tubuh dan juga wajah dari paparan sinar matahari langsung.

52. Teknik Eksfoliasi

Membersihkan wajah saja tidak cukup. Kamu butuh melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati untuk mengatasi masalah perbedaan kulit warna akibat paparan sinar matahari. Dilansir dari Dermalogica, sebaiknya rutin lakukan eksfoliasi pada wajah dengan produk yang mengandung serum dan pelembap di dalamnya agar kulit kamu semakin sehat.

43. Rutin Konsumsi Air Putih

Dilansir dari Healthline, perawatan dari dalam juga diperlukan untuk mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan pada tubuh agar tubuh terhidrasi dengan baik.

34. Gunakan Pelembap

Selain tabir surya, jangan lupa untuk rutin menggunakan pelembap pada kulit. Tidak hanya pada wajah, gunakan pelembap pada seluruh bagian kulit yang sering mengalami paparan sinar matahari secara langsung.

16. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan untuk melindungi kamu dari paparan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab warna kulit tidak rata atau belang. Temukan kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah jeruk, kiwi, maupun stroberi.

Lihat Rekomendasi lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here