30.5 C
Jakarta
Sunday, August 14, 2022

Fakta Mengenai Hewan Kangguru

Kanguru adalah hewan khas Australia. Ia termasuk dalam kelompok mamalia yang memiliki kantung atau disebut juga marsupialia. Kanguru adalah satu-satunya mamalia yang bisa melompat. Tinggi kanguru bisa mencapai 1-8 meter. Sedangkan beratnya 40-200 kg. Itu tadi beberapa fakta tentang kanguru. Berikut ini Fakta Mengenai Hewan Kangguru ;

Fakta Menarik Hewan Kangguru
Foto Istimewa

1. Ia Suka Hidup Berkelompok

Kalau dilihat di kebun binatang, kanguru hidup terpisah-pisah. Tapi kalau di habitat aslinya, ia suka hidup berkelompok. Mereka juga punya pemimpin lo, dalam satu kelompok. Pemimpin yang dipilih biasanya adalah kanguru yang paling tua dan kuat.

2. Fungsi Kaki Depan dan Belakang Berbeda

Kaki depan dan belakang kanguru ternyata mempunyai fungsi yang berbeda. Kaki depan biasanya digunakan untuk mengambil makanan. Sedangkan kaki belakang digunakan untuk melompat. Lompatan kanguru bisa mencapai jarak 10 meter dengan kecepatan 65 km/jam! Kaki belakangnya juga bisa digunakan sebagai alat pertahanan diri dan memperingatkan kanguru lain jika ada bahaya.

3. Ada yang Kidal

Seorang ilmuwan Australia pernah melakukan penelitan terhadap kanguru. Ia menemukan bahwa ada jenis kanguru yang kidal. Jadi, mereka beraktivitas menggunakan kaki kiri bukan kanan.

4. Kanguru Bisa Menemukan Sumber Air

Salah satu kemampuan unik yang dimiliki kanguru adalah bisa menemukan sumber air. Bahkan, kanguru bisa menemukan sumber mata air yang paling banyak. Ini memudahkan mereka untuk minum. Namun sayang, banyak orang yang suka menyalahgunakan kemampuan kanguru ini. Mereka merebut mata air yang sudah ditemukan kanguru.

Baca Juga :  7 Fakta-Fakta Unik Tentang Gajah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,450SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles