Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Bantu Cegah Radang dan Detoksifikasi Tubuh

Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Bantu Cegah Radang dan Detoksifikasi Tubuh
Foto Istimewa

Manfaat buah sawo acap kali tak disadari saat dikonsumsi. Manfaat luar biasanya bagi tubuh, tak perlu diragukan lagi, hingga diketahui sangat baik bagi ibu hami. Sawo merupakan buah dari tumbuhan famili Sapotaceae, berwarna coklat dan rasanya manis, menyerupai bentuk telur. Buah sawo termasuk dalam tropical fruit yang populer, seperti mangga, pisang, dan nangka. Pemilik nama ilmiah Manilkara zapota ini bisa tumbuh dengan cepat, tahan angin, serta mampu tumbuh meski menerima sedikit hujan hingga kekeringan. Manfaat buah sawo untuk kesehatan bisa diperoleh dengan mengonsumsi secara langsung. Berbagai nutrisi dan senyawa penting bagi tubuh sangat baik dalam menjaga kesehatan darah, tulang, hingga pencernaan.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dilansir dari Nutrition, buah sawo merupakan salah satu sumber serat makanan yang sangat baik. Dari 100 gram sawo mengandung sekitar 5,6 gram serat. Selain serta, terdapat senyawa tanin yang cukup tinggi. Efek antiinflamasi dari tanin membantu membatasi kondisi seperti gastritis erosif, refluks esofagitis, radang usus, dan gangguan usus yang mengiritasi. Mengutip dari vitamin C pada buah sawo berperan dalam menghancurkan radikal bebas berbahaya. Sedangkan potasium, zat besi dan folat, niasin dan asam pantotenat, memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan yang baik.

6. Mengatasi Gangguan Lambung dan Usus

Manfaat buah sawo untuk kesehatan berikutnya mampu mengatasi gangguan di lambung dan usus. Kandungan senyawa khusus, seperti tanin dan polifenol yang terbentuk secara alami, akan menetralkan asam dengan mengendapkan protein. Serat baik buah sawo juga ikut membantu melindungi mukosa usus besar dari racun penyebab kanker. studi penelitian menunjukkan bahwa tanin memiliki sifat astringent, dan terbukti memiliki potensi efek antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan anti-parasit. Sifat anti-inflamasi tersebut mencegah masalah kesehatan seperti gastritis dan gangguan usus. Senyawa tanin dari sawo bisa digunakan untuk aplikasi yang berguna dalam pengobatan tradisional sebagai antidiare, hemostatik (menghentikan pendarahan) dan obat wasir.

Baca Juga :  Atasi Ambeien dengan Temu Mangga

5. Meredakan Stres

Siapa sangka ternyata di balik rasa lembut dan manis, manfaat buah sawo baik untuk meredakan stres. Dilansir dari Health benefits times, analisis penelitian menunjukkan bahwa Vitamin C membantu sistem kekebalan melemah yang disebabkan oleh stres. Stres telah menjadi masalah kesehatan umum yang bisa diatasi dengan asupan vitamin C yang cukup, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Vitamin C terdapat pada buah sawo sekitar 39,33 persen.

4. Mencegah Masuk Angin

Masih dari kutipan yang sama, kehadiran Vitamin C dari buah sawo mampu meningkatkan sistem kekebalan untuk menangkal masuk angin dan virus. Sekitar 1000 milligram Vitamin C bisa membantu mencegah masuk angin. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa sawo yang kaya vitamin C membantu mencegah kemungkinan infeksi paru-paru dan pneumonia.

3. Bantu Program Diet

Bagi Anda yang tengah menjalani program diet sehat, bisa diperoleh dari manfaat buah sawo dalam membantu menurunkan berat badan. Mengutip dari Health benefits times, buah sawo yang kaya serat membantu mengurangi keinginan ngemil. Sehingga mengurangi lonjakan glukosa darah yang menghasilkan lebih sedikit mengidam karbohidrat dan lebih sedikit penyimpanan lemak. Lalu membantu menghilangkan perut buncit. Seseorang harus menambahkan makanan berprotein tinggi ke dalam diet penurunan berat badan.

2. Mencegah Anemia

Manfaat buah sawo untuk kesehatan selanjutnya ialah mencegah anemia yang disebabkan kekurangan zat besi. Tubuh tidak akan dapat memproduksi hemoglobin dan mengangkut oksigen karena keberadaan zat besi yang tidak mencukupi. Anemia banyak dijumpai pada anak-anak dan wanita menopause. Sehingga patut mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti buah sawo.

1. Menjaga Fungsi Otak

Manfaat buah sawo untuk kesehatan berikutnya baik dalam menjaga fungsi otak. Otak membutuhkan oksigen untuk fungsi yang efisien. Zat besi membantu mengantarkan oksigen ke otak dan menghilangkan ingatan yang buruk dan mudah lesu. Melansir dari Health benefits times, kekurangan zat besi menyebabkan gelisah, mudah tersinggung dan lalai. Penelitian menunjukkan bahwa tembaga membantu galaktosa dan dopamin yang merupakan neurotransmiter penting untuk menjaga energi, suasana hati, pandangan dan fokus.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Bantu Cegah Radang dan Detoksifikasi Tubuh artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Mengobati Pilek hingga Menurunkan Gula Darah, Manfaat Echinacea

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here