Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Baik untuk Penderita Diabetes!

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Baik untuk Penderita Diabetes!
Foto Istimewa

Buah sirsak sangat populer karena rasanya yang asam manis dan manfaat kesehatan yang mengesankan. buah ini kaya nutrisi, mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium, serta memiliki kandungan vitamin C tinggi sebesar 46.4 mg, yang berarti hampir setengah dari kebutuhan vitamin C pada oan dewasa. Moms jangan khawatir untuk mengonsumsi buah ini karena sirsak sangat rendah kalori. Sejak dahulu, banyak pengobatan tradisional yang menggunakan sirsak sebagai bahan utama membuat obat herbal yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

9. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat buah sirsak yang pertama adalah, adanya molekul dengan sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Untuk mencegahnya, Moms bisa mengonsumsi buah sirsak yang merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.

Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni:

Tannin

Saponin

Pitosterol

Flavonoid

Anthraquinone

Tidak hanya melawan radikal bebas, antioksidan dalam buah sirsak juga dapat membantu melindungi kulit dan sel-sel tubuh dari kerusakan. Secara keseluruhan, sirsak dapat menjaga kesehatan kita. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mengkaji manfaat buah sirsak untuk penyakit tertentu.

8. Sebagai Antibakteri

Selain memiliki sifat antioksidan, manfaat buah sirsak lainnya adalah antibakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antibakteri pada sirsak cukup kuat untuk memberi perlindungan pada tubuh. antibakteri pada sirsak ternyata tidak hanya terkandung pada buahnya saja, tetapi juga daunnya. Salah satu penelitian untuk membuktikan manfaat buah sirsak satu ini, dilakukan pada berbagai jenis bakteri penyebab penyakit mulut. Hasilnya, sirsak mampu secara efektif membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi, dan infeksi jamur.

Baca Juga :  Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah sirsak juga bisa dirasakan oleh sistem pencernaan kita nih, Moms. Ini dikarenakan kandungan serat sirsak baik dan juga dalam jumlah tinggi persajiannya. Melansir Prevention, satu cangkir buah sirsak sama dengan 7,4 gram serat. Kandungan serat pada sirsak dapat membantu mengatasi sembelit dan mengurangi peradangan pada usus maupun lambung. Makanan berserat seperti sirsak juga bisa memperlambat pencernaan dan menjaga kestabilan kadar gula darah. Tidak hanya itu, manfaat buah sirsak yang tidak kalah penting adalah menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Moms memiliki tekanan darah tinggi? Manfaat buah sirsak selanjutnya akan membantu Moms mengatasi hal tersebut, lho! Buah sirsak mengandung 626 mg potasium dalam secangkir sirsak. Tidak hanya itu, ada pula 47 mg zat besi yang tidak kalah pentingnya. Kadar potasium yang rendah akan menyebabkan sodium yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Manfaat potasium adalah, menyaring berbagai kandungan buruk dalam tubuh termasuk kadar garam tinggi. Potasium juga dapat membantu membuat pembuluh darah lebih rileks, sehingga memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik.

5. Melawan Sel Kanker

Melansir Cancer Research UK, meskipun belum ada penelitian langsung pada manusia, ternyata ekstrak sirsak ditemukan dapat membunuh beberapa jenis sel kanker payudara dan hati. Walaupun demikian, banyak peneliti berpendapat bahwa hal tersebut sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Asetogenin dalam sirsak, yang dapat menghambat senyawa berbahaya dalam sel kanker. Ekstrak sirsak juga menghambat kelangsungan hidup dan metabolisme sel kanker pankreas dalam tubuh.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah, dapat menjadi sumber gula yang ramah dan aman bagi penderita diabetes. Menurut Jurnal yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, sirsak memiliki sifat anti-diabetes. Berdasarkan sebuah penelitian di nigeria, terdapat perbedaan yang signifikan dalam konsentrasi glukosa darah antara dua kelompok yang berbeda. Kelompok yang diberi sirsak memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibanding yang lain

2. Menjaga Kesehatan Ginjal dan Hati

Sebuah penelitian di Malaysia menunjukkan bahwa, ekstrak sirsak yang mengandung asetogenin dapat membunuh sel-sel ganas dari 12 jenis kanker, dengan salah satunya kanker hati. Asetogenin juga dapat menjaga kesehatan ginjal dan hati sehingga dapat terus bekerja dengan sebagaimana fungsinya. Cocok untuk dikonsumsi bagi orang tua atau orang dengan penyakit ginjal dan hati.

1. Menjaga Kesehatan Gastrointestinal

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan lainnya adalah, dapat menekan kerusakan oksidatif dan menjaga lendir dinding lambung. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang signifikan dari buah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna. Dalam satu penelitian di Brasil, sifat anthelmintik (kemampuan membunuh parasit) dari ekstrak sirsak berhasil menunjukkan bahwa dapat membunuh cacing parasit. Studi tersebut menyimpulkan bahwa sirsak adalah anthelmintik alami, karena dapat membunuh parasit yang menyebabkan masalah pencernaan. Namun, lebih banyak penelitian yang mendalam masih sedang dilakukan. Dosis zat besi oral yang berlebihan dapat menyebabkan masalah gastrointestinal. Melansir Journal Drug Design, Development, and Therapy, meski sirsak merupakan sumber zat besi, kandungan mineral dalam buah ini tidak sebanyak bahan lainnya. oleh karena itu, kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Baik untuk Penderita Diabetes! artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Alang-Alang Untuk Kesehatan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here