Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
Foto Istimewa

Buah strawberry memiliki banyak nutrisi penting. Kandungan paling banyak dalam buah strawberry adalah Vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Setelah vitamin C, manfaat buah strawberry juga mengandung mangan, folat (Vitamin B9), potassium, serta beberapa vitamin dan mineral. Berkat kandungan nutrisinya, manfaat buah strawberry untuk kesehatan secara umum di antaranya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit kanker, mengurangi resiko sakit jantung dan masih banyak lagi.

10. Mengurangi Mual

Penting bagi moms untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang lengkap saat sedang hamil. Buah strawberry menjadi buah yang paling banyak diidamkan ketika masa kehamilan. Manfaat buah strawberry dari rasanya yang manis dan asam dipercaya mampu mengurangi mual di dalam perut. Tapi sebenarnya, bolehkah Moms makan buah strawberry ketika sedang hamil? Menurut UC Davis Health System, California, mengatakan bahwa manfaat buah strawberry mengandung Vitamin C yang tinggi. Nutrisi ini dapat membantu perkembangan bayi dan juga membantu Moms untuk menyerap jumlah zat besi yang diperlukan. Tidak hanya itu, buah asam manis ini adalah sumber karbohidrat yang baik sehingga menjadi sumber energi instan bagi tubuh. Banyaknya kandungan nutrisi penting pada buah strawberry menawarkan beberapa manfaat baik untuk ibu hamil.

9. Mengurangi Cacat Lahir Pada Bayi

Manfaat buah strawberry secara alami memiliki kandungan asam folat. Hasil studi menunjukkan bahwa asupan 400 mcg asam folat setiap hari dapat mengurangi resiko cacat lahir hingga 50 persen. Selain itu, manfaat buah strawberry pada ibu hamil juga untuk mengurangi kadar stres yang kerap dialami pada trimester awal kehamilan. “Kami telah membuktikan bahwa beberapa manfaat buah strawberry membuat eritrosit lebih tahan terhadap stres oksidatif.” Maurizio Battino, penulis utama studi dan peneliti di UNIVPM.

Baca Juga :  Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Otak hingga Jantung

8. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Seorang wanita hamil sangat rentan terserang anemia, karena wanita hamil cenderung mengalami penurunan sel darah merah di dalam tubuhnya. Manfaat buah strawberry kaya akan vitamin C yang dapat membantu menyerap zat besi lebih baik untuk membentuk sel darah merah. Para ahli menyarankan dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C dan makanan nabati yang kaya zat besi. Kombinasi yang biasa dimakan seperti kacang-kacangan, saus tomat, bayam, dan strawberry yang menghasilkan tingkat penyerapan zat besi yang tinggi.

7. Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah strawberry dapat membantu menjaga kesehatan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit. Studi dalam National Center for Biotechnology Information menemukan, manfaat buah strawberry terbukti menghambat pembentukan tumor pada hewan seperti kanker mulut dan sel kanker hati manusia. Efek perlindungan dari stroberi dapat didorong oleh senyawa asam yang telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

6. Menjaga Tekanan Darah

Selama masa kehamilan, tubuh akan mengalami banyak perubahan fisik untuk mengakomodasi pertumbuhan dan perkembangan janin. Ini lah yang menyebabkan tekanan darah ibu hamil cenderung naik. Manfaat buah strawberry yakni zat kalium, dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Dalam Potassium and the Diet, selama masa kehamilan wanita membutuhkan kalium sebanyak 4700 mg dari AKG (Angka Kecukupan Gizi harian). Kalium memiliki sifat sebagai pelemas dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi dari kram otot. Ini menjadi manfaat buah strawberry lainnya. Sejumlah penelitian juga menunjukan adanya hubungan antara asupan kalium yang rendah mengakibatkan tekanan darah serta resiko terserang penyakit stroke yang lebih tinggi.

4. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang pertama adalah buah strawberry mampu memperkuat sistem imun di dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, buah strawberry terbukti sebagai sumber vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh karena mampu menangkal berbagai macam penyakit. Dalam Vitamin C and Immune Function, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, sehingga sangat dianjurkan bagi manusia untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Dalam jurnal yang sama, dikatakan vitamin C merupakan pencipta antioksidan yang baik agar tubuh mampu terlindungi dari paparan radikal bebas. Antioksidan juga mampu melawan munculnya stress oksidatif yang mampu membawa tubuh pada berbagai macam penyakit kronis.

3. Menyehatkan Mata

Manfaat buah strawberry juga mampu menyehatkan mata. Kandungan antioksidan pada buah strawberry dapat membantu mencegah katarak yang dapat menyebabkan kebutaan pada usia tua. Tidak hanya membutuhkan Vitamin A, mata kita juga membutuhkan Vitamin C untuk melindunginya dari paparan sinar matahari yang merupakan paparan radikal bebas dan dapat merusak protein pada lensa mata. Vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat kornea dan retina mata.

2. Mencegah Kanker

Bukan rahasia lagi jika manfaat buah strawberry yakni buah yang kaya akan antioksidan, berkat inilah buah strawberry dapat mencegah dan melawan kanker. Nutrisi yang ditemukan dalam buah strawberry, khususnya Vitamin C, folat, dan flavonoid, melawan radikal bebas yang pada akhirnya menciptakan garis pertahanan yang kuat untuk mencegah kanker dan pertumbuhan tumor. Kandungan fitokimia Asam Ellagic juga ditemukan pada buah strawberry. Asam Ellagic telah terbukti menghasilkan sifat anti kanker seperti menekan pertumbuhan sel kanker.

1. Menurunkan Kolesterol

Menurut Heart and Stroke Foundation, penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan wanita di Kanada. Manfaat buah strawberry juga dapat mejaga kesehatan jantung. Menurut salah satu studi, asam Ellagic dan flavonoid, manfaat buah strawberry memberikan efek antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan beberapa cara. Salah satunya termasuk melawan efek low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri pembuluh darah. Cara kedua adalah dengan memberikan efek anti-inflamasi, yang juga baik untuk jantung. Maka, dapat disimpulkan bahwa manfaat buah strawberry juga dapat mengurangi kerusakan sel dari stres oksidatif, serta lipid darah yang keduanya berperan dalam penyakit jantung dan diabetes.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  6 Fakta Manfaat Bunga Melati Untuk Kecantikan Wajah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here