Ilmuwan Ini Biasa Dipanggil Dengan El Zahrawi

Nama panjangnya adalah Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbas az-Zahrawi, Orang-orang Eropa lebih suka memakai nama Abulcasis untuk menyebutnya.

Al-Zahrawi lahir pada Tahun 936 Masehi di Zahra, sebelah barat daya Cordoba Provinsi Andalusia, Spanyol.

Inilah pusat pengetahuan, kebudayaan, sekaligus simbol kedigdayaan Islam di Eropa, berjuluk “permata dunia abad ke-10” di bawah naungan Kekhalifahan Dinasti Umayyah.

Kala itu, Cordoba adalah wilayah yang sangat kaya, amat kuat, dan termasuk kota yang paling maju di Eropa Barat Di sinilah yang menjadi tempat munculnya para ilmuwan muslim, Al-Zahrawi salah satunya.

Sumbangsih Al-Zahrawi bagi dunia kedokteran modern termasuk dan khususnya ilmu bedah sangat besar.

Catgut hanyalah satu dari puluhan penemuan Al-Zahrawi yang sangat berdaya-guna hingga berabad-abad berikutnya, bahkan sampai saat ini, tentunya dengan inovasi demi inovasi seiring kemajuan zaman.

Al-Zahrawi telah menemukan 26 peralatan bedah yang semuanya belum pernah ada di masa-masa sebelumnya !

Selain catgut, ia juga memperkenalkan alat-alat baru lainnya, sebutlah pisau bedah, sendok bedah, retractor, pengait, surgical rod, specula, bone saw, plaster, dan masih banyak lagi

Tak hanya penemuan berupa barang atau peralatan saja, Al-Zahrawi juga merumuskan pemikiran yang sangat membantu perkembangan ilmu kedokteran modern.

Banyak dokter dari berbagai penjuru Eropa dan belahan bumi lainnya yang datang kepada Al-Zahrawi untuk belajar.

Maka tidak heran ketika seorang penerjemah asal Italia bernama Pietro Argallata menyebut Al-Zahrawi sebagai “pemimpin dari seluruh ahli bedah”.

Inilah kitab suci bagi kaum dokter sedunia yang beberapa pengetahuan di dalamnya bahkan masih dijadikan rujukan dan pedoman sampai sekarang.

Di atas lembar-lembar Al-Tasrif pula, ia mengklasifikasikan 325 macam penyakit beserta gejala dan cara pengobatannya.

Baca Juga :  Nabi Syits A.S. Awal mula musik dan zina.

Itulah informasi mengenai Tokoh muslim yang mempunyai ahli dalam pembedahan. nah untuk info selanjutnya? yuk langsung aja simak video ini di channel youtubenya “KanalPengetahuanIslam”

 

Baca Juga: kisah ilmuwan muslim jabbir bin hayyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here