Manfaat Buah Cermai Juga Bisa Menurunkan Kolesterol

Manfaat Buah Cermai Juga Bisa Menurunkan Kolesterol
Foto Istimewa

Cermai (Phyllanthus acidus [L.] skeels) adalah adalah jenis pohon tegak yang batangnya kasar dan mudah patah. Pohon ini dicirikan oleh bentuk daunnya yang majemuk, lonjong, berseling, dan ujung yang runcing. Sayangnya, buah cermai atau ceremai ini baru sebatas dimanfaatkan sebagai penambah rasa asam pada masakan atau diolah menjadi manisan dan acar, padahal manfaat buah cermai bagi kesehatan cukup potensial. Berdasarkan kandungannya, potensi manfaat cermai untuk kesehatan antara lain sebagai berikut.

4. Mencegah penuaan dini

Senyawa antioksidan di dalam buah cermai juga bermanfaat untuk mencegah dan membantu melawan penuaan dini. Hal ini karena antioksidan dapat melawan stres oksidatif juga kerusakan sel. Tidak hanya itu saja, ada pula kandungan lainnya berupa vitamin C, vitamin E, serta fitonutrien. Fitonutrien yang ada di dalam buah cermai dapat menjaga kesehatan dan melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat atau khasiat lainnya dari buah cermai adalah membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin A di dalam buah cermai. Dikutip dari Mayo Clinic, vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga penglihatan serta sel di dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan asupan vitamin A, Anda berisiko mengalami kondisi xeropthalmia. Ini merupakan ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya redup yang rentan pada anak kecil dan wanita hamil.

Melawan bakteri jahat

Berdasarkan penelitian ekstrak buah cermai, ditemukan bahwa tanaman ini mengandung senyawa polifenol dan saponin. Keduanya terbukti dapat melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh, seperti Escherechia coli dan Staphylococcus aureus. Bakteri E. coli merupakan bakteri yang paling sering menimbulkan penyakit infeksi saluran kemih dan enterokolitis. Sedangkan bakteri S. aureus dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang tidak jarang sampai mengakibatkan sakit parah hingga kematian.

Baca Juga :  Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Sumber energi

Buah cermai juga mengandung vitamin B5 yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah dan membantu membuat asupan makanan lebih mudah menjadi energi. Vitamin B5 juga sangat penting untuk tubuh. Pasalnya, saat tubuh kekurangan vitamin B5, Anda bisa menjadi kelelahan, depresi, insomnia, hingga mengalami infeksi saluran pernapasan bagian atas.

1. Menurunkan kolesterol

Karena tinggi kandungan oksidan, buah cermai juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Ini karena antioksidan bertugas untuk menghalau proses oksidasi dari kolesterol jahat atau LDL. Selain itu antioksidan juga mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri (aterosklerosis) yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Itulah penjelasan tentang beberapa manfaat buah cermai untuk kesehatan. Tentunya, hal ini membuat Anda semakin yakin untuk menjadi buah ini sebagai salah satu camilan sehat keluarga.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Cermai Juga Bisa Menurunkan Kolesterol artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here