Manfaat Buah Markisa, Bisa Mencegah Osteoporosis dan Baik untuk Diet!

Manfaat Buah Markisa, Bisa Mencegah Osteoporosis dan Baik untuk Diet!
Foto Istimewa

Buah markisa adalah tanaman berbunga yang merambat dan  biasa tumbuh di daerah tropis. Ada banyak lho manfaat buah markisa untuk kesehatan. Tanaman ini dikenal sebagai Passiflora, yang tumbuh di iklim hangat, termasuk Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan, dan India. Buah markisa mengandung daging buah yang lembut dan banyak biji di dalam kulit buah yang keras. Orang bisa memakan bijinya dan daging buahnya, membuatnya menjadi jus atau menambahkannya ke jus lain. Rasanya sedikit asam, tetapi menyegarkan. Buah ini telah mendapatkan popularitas di kalangan orang-orang yang sadar kesehatan karena khasiatnya yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Buah markisa kaya akan antioksidan kuat dan pastinya juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Buah markisa merupakan buah yang bermanfaat dengan profil nutrisi yang menyehatkan. Buah ini mengandung vitamin A tingkat tinggi, yang penting untuk kulit, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh. Sementara vitamin C dari buah tersebut, berperan penting sebagai antioksidan. Satu buah tanpa sisa mengandung nutrisi berikut [ dalam miligram (mg), satuan internasional (IU), atau gram (g)]:

  • 229 IU vitamin A
  • 63 mg kalium
  • 5 mg magnesium
  • 5,4 mg vitamin C
  • 2 mg kalsium
  • 0,29 mg zat besi
  • 1,9 g serat

Tidak hanya itu, buah markisa juga mengandung fosfor, niasin, dan vitamin B-6 yang dibutuhkan tubuh yang sehat.manfaat buah markisa bagi kesehatan, sehingga bisa dijadikan pilihan sajian untuk Moms dan keluarga di rumah:

10. Manfaat Buah Markisa untuk Meminimalisir Penyakit Alzheimer

Seperti disebutkan sebelumnya, buah markisa kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang membantu memberantas radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sistem tubuh, meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf. Umumnya, antioksidan dapat membantu mengurangi stres seluler dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Kedua hal tersebut akan terkait dengan penyakit, seperti penyakit jantung dan penyakit Alzheimer.

Baca Juga :  Manfaat Jahe untuk Kesehatan

9. Manfaat Buah Markisa untuk Mengatasi Kontipasi dan Masalah Pencernaan

Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat adalah komponen penting dari setiap makanan karena membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit dan gangguan usus. Menurut American Heart Association, serat juga memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Makan buah markisa secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan serta kesehatan secara keseluruhan.

8. Manfaat Buah Markisa untuk Menjaga Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Buah markisa merupakan buah tropis yang memiliki nilai indeks glikemik (GI) yang rendah. Ini berarti  buah markisa memakan buah markisa tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam. Akhirnya, buah markisa pantas untuk dijadikan pilihan yang baik oleh penderita diabetes.

7. Manfaat Buah Markisa untuk Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam biji markisa dapat meningkatkan sensitivitas insulin seseorang. Meningkatkan sensitivitas insulin dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes. Sebuah studi skala kecil pada 2017 pada manusia, menemukan bahwa zat yang disebut piceatannol dapat meningkatkan metabolisme. Penelitian yang sama pada hewan juga menemukan hasil serupa. Para peneliti menemukan bahwa pria yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi 20 mg piceatannol setiap hari selama 8 minggu, telah meningkatkan kesehatan metabolik. Peningkatan ini termasuk sensitivitas insulin, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo.

5. Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Jantung

Buah markisa mengandung kalium yang menyehatkan jantung dan juga rendah natrium. Jika Moms mengonsumsi buah markisa bersama bijinya, maka itu mengandung banyak serat yang dapat membantu membuang kelebihan kolesterol dari dalam pembuluh darah. Diet tinggi serat dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi buah markisa dapat membantu menormalkan tekanan darah. Diet rendah natrium dan kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah.

4. Manfaat Buah Markisa untuk Mengurangi Kecemasan

Buah markisa kaya akan magnesium, mineral penting yang dikaitkan para ilmuwan dengan penurunan stres dan kecemasan. Tinjauan sistematis dari 2017 menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu orang mengelola tingkat kecemasan mereka. Namun, penulis penelitian tersebut juga mengatakan bahwa kualitas pembuktiannya buruk, sehingga peneliti perlu melakukan analisa lebih lanjut.

3. Manfaat Buah Markisa untuk Mencegah Osteoporosis

Buah markisa dikenal kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, zat besi fosfor, kalium dan natrium. Mineral ini menjaga kepadatan tulang, membantu mempercepat pemulihan tulang, dan mencegah osteoporosis. Buah yang matang akan berukuran besar, montok dan agak keriput. Sedangkan yang halus, mungkin belum matang. Moms bisa mengonsumsi buah markisa dengan bijinya agar kandungan seratnya lebih banyak. Haluskan dalam juicer, buat selai dan konsumsi mentah atau tunggal juga bisa menjadi cara terbaik mengonsumsi buah ini.

2. Manfaat Buah Markisa untuk Mengatasi Hipertensi

Buah markisa kaya akan kalium atau mineral penting yang mengatur tingkat tekanan darah. Kalium melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Ini artinya, buah markisa mampu mengurangi ketegangan jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Sebuah penelitian pada tikus menyatakan bahwa ekstrak kulit buah markisa dapat digunakan sebagai obat hipertensi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek ekstrak kulit markisa pada kontrol tekanan darah pada manusia.  Tetapi pastinya, Piceatannol dalam buah markisa dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Baca Juga :  Golongan Khasiat Tumbuhan Belimbing

1. Manfaat Buah Markisa untuk Mengurangi Risiko Kanker

Buah markisa kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Buah ini juga mengandung vitamin A, flavonoid, dan senyawa fenolik lainnya.

Semua senyawa itu dapat membantu dalam pencegahan kanker. Bunga markisa (bunga tanaman yang berbuah markisa) juga mengandung chrysin, senyawa yang memiliki aktivitas antikanker. Piceatannol, senyawa penting lainnya yang ada dalam buah markisa dan ditemukan dapat membunuh sel kanker kolorektal. Bahkan vitamin C dalam buah ini juga berperan dalam hal mensuplai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan dapat mengurangi risiko kanker.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Markisa, Bisa Mencegah Osteoporosis dan Baik untuk Diet! artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here