Channel E – Sudah rutin menggunakan skincare tapi kulit tetap terlihat kusam? Tenang, ternyata masih banyak para beauty enthusiast yang merasakan hal yang sama kok. Ternyata cara mengatasi kulit kusam bukan hanya sekedar penggunaan skincare lho, ada beberapa penyebab dalam kehidupan sehari-hari yang masih bisa kita hindari nih.

Berikut ini adalah 6 penyebab kulit kusam yang sering kamu abaikan. Buat kamu yang merasa memiliki kulit kusam, wajib baca artikel ini sampai habis!

 

1. Tubuh Tidak Mendapatkan Asupan Nutrisi Sesuai

gambar istimewa

Bila tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan, ini bisa jadi penyebab kulit kusam. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah kulit kusam, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, selain itu kurangi konsumsi garam serta makanan dengan cara masak yang digoreng. Tidak lupa, pastikan kamu mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas dalam satu hari.

2. Kulit Sering Terpapar Sinar Matahari dan Polusi

gambar istimewa

Saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari dan polusi memang tidak bisa dihindari. Nah ternyata ini adalah salah satu penyebab kulit kusam yang sering kita abaikan. Selain terpapar secara langsung, kulit akan menjadi kusam karena kamu juga tidak menggunakan produk sun protection saat harus beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, untuk menghindari kulit menjadi kusam.

3. Tidak Rutin Melakukan Eksfoliasi

gambar istimewa

Mungkin salah satu penyebabnya kamu tidak menggunakan produk yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi kulit adalah proses untuk mengangkat sel-sel kulit mati, nah apabila sel-sel kulit mati ini tidak tereksfoliasi akan membuat kulit kusam. Pastikan kamu juga tetap menggunakan produk skincare yang membantu eksfoliasi kulit ya. Produk skincare untuk eksfoliasi kini sudah cukup banyak mulai dari face scrub, toner, bahkan serum.

4. Menggunakan Produk Skincare yang Salah

gambar istimewa

Cara mendapatkan kulit yang lebih cerah salah satunya dengan menggunakan produk skincare dengan kandungan mencerahkan seperti vitamin C, niacinamide, glycolic acid dan masih banyak lagi. Nah, biar tujuan ini bisa kamu capai, pastikan kamu sudah menggunakan produk skincare yang sesuai dengan manfaat yang kamu inginkan ya!

5. Merasa Stres

gambar istimewa

Terkadang, penyebab kulit kusam bukan hanya berasal dari faktor eksternal terkadang juga faktor internal salah satunya stres. Stres ternyata dapat membuat tingkat kortisol yang mengalir ke darah lebih banyak sehingga membuat kulit kamu kehilangan kilau alaminya.

6. Kurang Tidur

gambar istimewa

Padatnya rutinitas seringkali membuat kamu mengorbankan waktu tidur menjadi lebih sedikit. Ternyata salah satu penyebab kulit kusam juga adalah kurangnya waktu tidur lho! Saat waktu tidur berkurang, regenerasi sel kulit akan terhambat sehingga membuat kulit wajahmu menjadi terlihat lesu.

Untuk mendapatkan tampilan kulit yang lebih cerah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengatur waktu tidurmu yang cukup. Waktu tidur di malam hari normalnya adalah 7-8 jam, dan kalau memang kamu suka begadang, kegiatan ini harus mulai kamu kurangi apabila tidak ingin memiliki kulit yang tampak kusam.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!