Channel E – Memiliki wajah mulus dan bening layaknya artis Korea tentunya jadi impian setiap perempuan. Sayangnya, berbagai faktor membuat berbagai masalah pada wajah muncul. Salah satu masalah kulit yang paling sering dihadapi adalah noda hitam pada wajah. Lalu, apa saja penyebab noda atau flek hitam?Coba simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Paparan Sinar Matahari

gambar istimewa

Paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi penyebab utama munculnya noda hitam pada wajah. Nggak cuma itu, wajah yang terekspos sinar matahari secara terus-menerus juga bisa menyebabkan kanker kulit lho. Untuk itu, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah.

2. Penggunaan Kosmetik Yang Kurang Cocok

gambar istimewa

Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin. ​Selain itu, beberapa bahan yang ada di kosmetik juga bisa memicu fotosenstifitas, dimana hal ini berakibat kulit wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari.

3. Faktor Genetik

gambar istimewa

Faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam pada wajah. Orang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya akan cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

4. Kurang Asupan Vitamin

gambar istimewa

Seperti yang telah diketahui, vitamin menjadi salah satu hal penting yang mendukung kesehatan kulit wajah. Untuk itu, jika kamu tidak mengonsumsinya, maka jangan heran jika pigmentasi pada wajah terlihat jelas. Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah noda hitam.

5. Bekas Jerawat Yang Susah Hilang

gambar istimewa

Bukan hanya jerawat, bekas jerawat juga jadi masalah yang sering dialami banyak perempuan. Biasanya, jerawat meninggalkan bekas hitam yang tentunya mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, krim yang mengandung hydroquinone, vitamin C, atau kojic acid bisa jadi pilihan. Untuk pencegahan, pastikan kamu tidak memencet jerawat agar tidak meninggalkan bekas yang mengganggu..

6. Polusi Udara

gambar istimewa

Munculnya noda hitam pada wajah juga disebabkan oleh polusi udara. Ini karena polusi udara menyebabkan iritasi pada kulit, menimbulkan inflamasi, serta merusak lapisan kulit. Inilah yang memicu produksi melanin sehingga timbul noda hitam pada wajah.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!