Channel E – Haid atau menstruasi adalah proses meluruhnya dinding rahim guna untuk membersihkan rahim dari pembuluh darah, kelenjar, dan juga sel-sel yang keluar dalam bentuk darah karena tidak adanya pembuahan. Idealnya, haid tejadi setiap 28 hari sekali. Ada juga perempuan yang memiliki siklus haid dengan rentang waktu antara 21-25 hari dan ini masih masuk dalam kategori normal.

Namun, ada beberapa yang mengalami siklus yang tidak teratur, misalnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Lalu, apa penyebab siklus haid menjadi tidak teratur? Coba simak penjelasannya yuk!

1Sedang Stres

Beban pikiran yang berat ternyata ikut memengaruhi siklus menstruasi. Ketika kamu sedang dalam keadaan stres atau depresi, hypothalamus, yakni bagian otak yang mengatur hormon siklus haid ikut terpengaruh. Sehingga, saat stres, hormon pengatur jadi tidak seimbang dan haid pun jadi tidak teratur.

2Perubahan Berat Badan

Naik atau turunnya berat badan secara drastis juga jadi penyebab siklus haid yang tidak teratur. Biasanya, siklus yang tidak teratur terjadi pada orang yang mengalami gangguan pola makan.

3Alat Kontrasepsi

Penggunaan pil kontrasepsi dalam dosis rendah memang tidak terlalu memengaruhi siklus haid. Tapi, alat kontrasepsi seperti spiral dan suntik KB bisa menyebabkan seseorang telat mendapatkan haid. Bahkan alat seperti spiral bisa juga menyebabkan darah keluar lebih banyak dari biasanya saat haid.

4Hormon Yang Tidak Seimbang

Ini merupakan penyebab utama siklus haid yang tidak teratur. Ketidakseimbangan hormon pun bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan atau stres. Ketika terjadi gangguan pada hormon di dalam tubuh, maka siklus haid pun ikut terganggu.

6Olahraga Berlebihan

Olahraga memang wajib dan baik untuk dilakukan, tapi tidak jika dilakukan berlebihan. Saat melakukannya secara berlebihan, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang berlawanan dengan hormon reproduksi yaitu estrogen dan progesteron.

7Pertanda Ada Penyakit Serius

Siklus haid yang tidak teratur bisa jadi pertanda jika kamu mengidap penyakit yang serius. Salah satunya adalah ovarium polikistik, dimana hal ini ditandai dengan timbulnya kista kecil dalam indung telur yang  menyebabkan ketidakseimbnagan hormon.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here