Ksatria Ini Sangat ditakuti Oleh Masyarakat suku badui

ksatria
foto istimewa

Mendengar namanya, para penyamun dari suku-suku Badui di kawasan Jazirah Arab langsung tunggang langgang melarikan diri.

Hingga demikian tak satu pun dapat lolos dari kejarannya, Inilah kesatria dari suku Bani Tamim, Al-Qa’qa’ bin Amr At-Tamimi.

Al-Qaqa bin Amr ini memang dikenal di kalangan kaumnya sebagai kesatria yang hebat, Keahliannya dalam memainkan pedang dan seni perang serta keahliannya berkuda tak ada yang meragukan kemampuannya ini.

Pada tahun 9 H, di suasana yang tenang ini, suku-suku Arab terus berbondong-bondong mendatangi Rasulullah di Madinah.
Berbaiat menyatakan sumpah setia memeluk Islam, termasuk suku Tamim, Nabawi, Lantunan ayat-ayat Al-Qur’an membuatnya tertegun dan Inilah awal pengalaman spiritual dari seorang kesatria yang hebat, Al-Qa’qa’ bin Amr.
Maka saat ia bersama rombongan suku Tamim bertatap muka dengan Rasulullah, jiwanya bergetar.
Pancaran keagungan Rasul dan untaian katanya mengetuk jiwa Al-Qa’qa’ bin Amr, Hatinya pun mulai terbuka untuk menerima hidayah Ilahi.

Ksatria Ini Begitu Bijaksana

kesatria
foto istimewa
Saat itulah tanpa ragu Al-Qa’qa’ bin Amr berikrar dan bersyahadat di depan Rasulullah,  Sekembalinya dari Madinah, Al-Qa’qa’ bin Amr bersama keluarga dan kaumnya memeluk Islam.
Namun begitu, hatinya selalu diliputi kerinduan yang mendalam untuk belajar dan mengabdi kepada Rasulullah di Madinah.
Sebagai seorang kesatria suku Tamim, Al-Qa’qa’ bin Amr mendapat tugas melatih seni militer kaum Muslimin di kawasan luar kota Madinah.
Inilah pasukan yang dipersiapkan oleh Rasulullah di akhir hayatnya. Sebuah pasukan yang dipimpin sahabat termuda Usamah bin Zaid.
Namun kebersamaan Al-Qa’qa’ bin Amr dengan Rasulullah tak beralangsung lama karena Pada tahun 11 H, Rasulullah wafat menghadap Allah Yang Maha Esa.
Dan inilah yang membuat dirinya larut dalam kesedihan bersama sahabat-sahabat Rasulullah yang lain.

Demikianlah kisah ini kami sampaikan. nah, untuk mengetahui secara lebih dalam kisahnya? Yuk langsung aja pindah ke channel youtubenya “KanalPediaIslam”

Baca Juga :  DERITA MUSLIM ROHINGYA DI MYANMAR

 

Baca Juga: Kisah Miqdad, Sahabat Rasulullah Saw Yang Menolak Menjadi Pemimpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here