Fatimah Al-Fihri, Nama Yang Hampir Terlupa Dalam Dunia Pendidikan

Dengan latar belakang sebagai pedagang, ia berhasil membangun masjid yang kemudian menjadi universitas, Universitas pertama dalam sejarah Islam.

Dalam setiap periodesasi sejarah selalu ada nama perempuan hebat yang dilahirkan, Pada abad ke-9 misalnya, muncul nama Fatimah al-Fihri.

Seorang putri saudagar kaya asal Tunisia yang dilahirkan pada tahun 800 M, Nama lengkapnya Fatimah Muhammad al-Fihri, sering dijuluki Oum al-Banine, yang berarti ibu dari anak-anak Fes.

Ayah Fatimah, Muhammad al-Fihri, seorang pengusaha sukses di kota Tunisia yang kemudian bermigrasi ke Fes, Maroko.

Fatimah al-Fihri dalam keluarga yang sangat kaya dan keturunan bangsawan, meskipun berasal dari keluarga kaya dan bangsawan.

Fatimah Al-Fihri Memiliki Saudara Perempuan Yang Bernama Maryam

Kakak-beradik ini tumbuh dalam pendidikan yang mumpuni, Mereka berdua dalam lingkungan cinta ilmu, mencintai ilmu-ilmu keagamaan dan juga ilmu umum atau sains, khususnya arsitektur dan bangunan.

Di masa Raja Idris ll, awal ke-9, Fatimah beserta keluarganya abad hijrah dari Qayrawan (Tunisia), ke Kota Fez di Maroko.

Fez kala itu terkenal sebagai kota metropolitan, dengan penduduk Muslim non-Arab, Kota yang sangat maju.

Aktivitas ekonomi saat itu berkembang sangat pesat. Menariknya, di sana terjadi harmoni antara budaya kosmopolitan dan budaya tradisional. Dari sini, Kota Fez berkembang menjadi salah satu kota Muslim yang berpengaruh besar dan diperhitungkan.

Di Kota Fez, keluarga Fatimah al-Fihri terus mengembangkan sayap bisnis, Mereka menjadi pengusaha Muslim yang sukses.

Harta kekayaan bersama melimpah Namun, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Fatimah muda ditinggal oleh ayah dan suami tercinta, Tinggallah Fatimah saudara kandungnya, Maryam.

Dua wanita muda ini akan menggunakan semua warisan kedua orang tuanya untuk membangun masjid dan universitas.

Baca Juga :  Rekomendasi Film yang Dibuat Berdasarkan Sejarah Dunia

Mereka bergaul dengan semua lapisan masyarakat tanpa memandang kelas sosial, Sejak awal menetap di distrik barat Kota Fes, Maroko, Fatimah dan Maryam memiliki tekad dan cita-cita untuk kemajuan masyarakat di kota tersebut.

 

Itulah informasi mengenai Tokoh muslimah yang mendirikan universitas, nah untuk info selanjutnya? yuk langsung aja simak video ini di channel youtubenya “KanalPengetahuanIslam”.

 

Baca Juga: inilah hukum merokok bagi seorang muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here