Sakit telinga biasanya terjadi pada anak-anak. Namun kondisi ini juga bisa hadir pada orang dewasa.Sakit telinga sendiri bisa menyerang satu telinga atau bahkan keduanya. Namun dalam banyak kasus, sakit telinga hanya terjangkit di satu telinga saja.

Nah, Sakit telinga juga biasanya datang dan perg, nih. Rasa sakitnya bisa sangat menusuk atau bahkan terbakar.Sakit telinga sendiri disebabkan oleh berbagai macam gangguan kesehatan. Salah satu penyebab kondisi ini adalah adanya infeksi telinga.Tak hanya itu, telinga yang terasa sakit pun bisa menjadi salah satu tanda adanya peradangan serta penumpukan cairan yang terjadi pad asalah satu bagian telinga.

Ini dia beberapa penyebab sakit telinga yang perlu kalian tahu!

Seperti yang sudah disebutkan, penyebab sakit telinga sendiri bisa bermacam-macam. Jangan sampai tidak tahu, berikut penyebab sakit telinga yang biasa menyerang dan juga cara pengobatannya ya!

41. Infeksi Telinga

Infeksi telinga bisa menjadi salah satu penyebab dari sakit telinga,Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Prevalence of Ear Infections in First Year Children of Primary Schools in A Western Ugandan Community menyebutkan bahwa 278 orang yang hidup dengan kesulitan mendengar disebabkan oleh infeksi telinga.Infeksi telinga sendiri pun bisa meliputi infeksi daun telinga, infeksi telinga luar otitis eksterna hingga infeksi telinga tengah.

Gejala diri kita telah terkena infeksi telinga sendiri adalah ketika mengalami pendengaran yang berkurang, merasakan nyeri yang berasa dari dalam telinga, keluar cairan dari telinga yang seperti nanah serta adanya benjolan di belakang telinga.Meski infeksi ringan pada telinga bisa sembuh dengan sendirinya, namun harus tetap perlu berhati-hati, ya!

32. Tinnitus

Tinnitus bisa menjadi salah satu penyebab sakit telinga. Meski demikian, tinnitus sendiri tidak bisa disebut dengan penyakit, Moms.Dilansir dari The British Tinnitus Association, tinnitus bukanlah sebuah penyakit. Tinnitus adalah sebuah gejala yang ditimbulkan oleh sistem pendengaran dan biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Baca Juga :  4 Manfaat Kucing bagi Manusia. Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Tak hanya bisa bikin telinga sakit, Orang yang memiliki kondisi tinnitus sendiri mungkin bisa mendengar suara aneh dari salah satu telinga, atau bahkan kedua telinganya. Sakit kepala pun bisa menjadi salah satu gejala tinnitus.Sulit untuk mengetahui letaknya secara jelas. Penderita tinnitus pun bisa mendengar berbagai suara aneh dengan nada rendah, sedang dan juga tinggi dalam satu komponen atau lebih.

23. Kotoran Telinga

Dilansir dari WebMD, sakit telinga juga bisa disebabkan oleh kotoran telinga. Telinga kita membuat dan menghilangkan kotoran terus-menerus.Ketika prosesnya tidak berjalan dengan baik, kotoran akan menumpuk dan mengeras hingga saluran di telinga mengalami penyumbatan.Ketika kotoran telinga menyumbat dan mengeras, hal tersebut bisa menjadi penyebab dari sakit telinga.

Ketika hal ini terjadi, jangan gunakan cotton buds untuk mengeluarkan kotoran telinga ya, Hal tersebut justru malah akan membuat kotoran menjadi semakin dalam.Dan ketika kotoran telinga yang mengeras bergerak semakin dalam dan terkena benturan, hal tersebut bisa membuatnya jadi tambah sakit.Ketika hal ini terjadi, sakit telinga dan gatal pun bisa dirasakan. Bahkan telinga mungkin akan mengeluarkan kotoran atau terinfeksi. Jika hal ini terjadi, mungkin kalian akan kehilangan kemampuan pendengaran untuk sementara.Untuk mengobati kondisi ini, kalian bisa menggunakan cairan telinga untuk membuat kotoran telinga yang sudah mengeras jadi lembek. Jika kotorannya lembek maka kotoran tersebut akan keluar dengan mudah.

14. Tekanan Udara

Pada umumnya, telinga kita bekerja dengan baik untuk membuat keseimbagan tekanan di kedua sisi gendang telinga. Namun kemampuan tersebut bisa berkurang ketika kita berada di lift atau pesawat terbang.Ketika kita berada di lift atau pesawat terbang, telinga kita bisa terasa sangat sakit atau mungkin mengalami kesulitan dalam pendengaran.

Baca Juga :  9 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Makin Cerah

Nah, ketika hal ini terjadi, ini adalah disfungsi tuba eustachius yang bisa menjadi kronis jika diidap oleh beberapa orang tertentu.Untuk menghindari sakit telinga karena tekanan udara, Moms bisa melakukan trik berikut ini;

  • Kunyah peren karet
  • Mengisap permen dengan tekstur keras
  • Menguap dan telan air liur ketika lepas landas dan mendarat
  • Tidak tidur atau tetap terjaga selama pesawat mendarat

 

Lihat kesehatan lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here