Pada dasarnya, cara mengobati cacingan pada orang dewasa bukanlah perkara sulit. Ada berbagai pilihan pengobatan yang bisa Anda coba, baik itu dengan bahan alami maupun obat-obatan.

Cacingan merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya cacing parasit yang menginfeksi tubuh. Orang dengan penyakit cacingan sudah seharusnya mendapatkan pengobatan. Hal ini penting karena jika infeksi cacingan dibiarkan terlalu lama bisa timbul komplikasi yang akan memperburuk kondisi kesehatan.

2Cara Mengobati Cacingan dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu mengobati cacingan pada orang dewasa:

1. Bawang putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa zat antiparasit yang terkandung dalam bawang putih mampu membasmi telur cacing, sekaligus mencegah cacing parasit bertelur lebih banyak dalam tubuh.

Cara mengobati cacingan menggunakan bawang putih bisa dengan mengonsumsi irisan bawang putih mentah secara langsung atau mencampurnya ke makanan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencampur parutan bawang putih dengan petroleum jelly untuk dioleskan pada anus yang gatal karena telur cacing.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi beragam penyakit, dan salah satunya adalah infeksi cacing. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, antivirus, serta antiparasit sehingga dipercaya dapat membantu membasmi cacing dalam tubuh.

Cara mengobati cacingan dengan minyak kelapa cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi 1 sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi atau mengoleskannya di area anus yang gatal.

3. Wortel

Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang kaya akan serat. elain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengonsumsi wortel 2 kali sehari dipercaya mampu mendorong cacing parasit keluar dari usus.

Beberapa bahan alami di atas memang dianggap mampu mengobati penyakit cacingan. Namun, keefektifannya belum didukung oleh bukti yang kuat, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Back

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!