Manfaat Daun Kenikir Lawan Diabetes

Manfaat Daun Kenikir Lawan Diabetes
Foto Istimewa

Tanaman kenikir (Cosmos caudatus) adalah tumbuhan tropis yang asal mulanya dari Amerika Latin. Pada dasarnya, tanaman ini juga bisa ditemukan di Asia Tenggara seperti Indonesia. Tanaman kenikir alias ulam raja memiliki tinggi yang bisa mencapai tiga meter dengan bunga berwarna ungu ataupun merah muda. Daun dari kenikir inilah yang biasa diambil untuk diolah sebagai lalapan. Meski masih kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia, faktanya, daun kenikir memiliki manfaat kesehatan berlimpah, Toppers. Mulai dari atasi diabetes hingga kanker. Untuk lebih rincinya, simak manfaat daun kenikir selengkapnya di bawah ini!

Sebelum membahas lebih mendalam mengenai manfaat daun kenikir, sebaiknya Toppers juga mengetahui berbagai kandungan di dalamnya. Berikut adalah kandungan daun kenikir segar per takaran 100 gram (g):

  • Energi: 45 kilokalori (kkal)
  • Protein: 3,70 g
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat: 6,6 g
  • Serat: 5,8 g
  • Kalsium: 328 mg
  • Fosfor: 65 mg
  • Natrium: 6 mg
  • Kalium: 431 mg
  • Tembaga: 100 mikrogram (mcg)
  • Zat besi: 2,7 mg
  • Beta karoten: 30,2 mg

    5. 1. Mencegah dan Mengobati Diabetes

    Manfaat pertama dari daun kenikir adalah sebagai pencegahan dan pengobatan diabetes, Toppers. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa daun satu ini mampu untuk meningkatkan fungsi insulin sekaligus melawan penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan. Inilah yang menyebabkan kadar gula darah lebih terkontrol sehingga dapat mencegahmu dari penyakit diabetes. Tak hanya itu, daun ulam raja ini juga diketahui mampu mengobati diabetes, terutama diabetes tipe 2.

    4. 2. Menurunkan Tekanan Darah

    Bagi Toppers yang menderita hipertensi atau memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya mulai lebih menjaga pola makan dan gaya hidup. Sebab, tingginya tekanan darah berpotensi untuk memicu timbulnya berbagai penyakit kronis. Penelitian menunjukkan bahwa daun kenikir memiliki efek diuretik yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Daun ini juga dikatakan dapat berperan layaknya obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor yang berfungsi menjaga tekanan darah normal.

    3. 3. Mencegah Osteoporosis

    Pencegahan penyakit osteoporosis sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan daun kenikir, Toppers. Berkat adanya kandungan kalsium dan antioksidan yang tinggi di dalamnya.Bahkan, para ahli mengatakan bahwa daun kenikir ini tidak hanya dapat mencegah pengeroposan tulang, tetapi juga mampu menguatkan tulang dan merangsang pembentukan tulang.

    2. 4. Sumber Antioksidan Tinggi

    Perlu dicatat bahwa senyawa antioksidan memegang peranan penting dalam tubuh. Senyawa satu ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merupakan molekul yang menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Tak hanya mencegah penyakit kanker yang sangat berbahaya. Antioksidan juga bisa membantu tubuh dalam menghindari penyakit jantung, stroke, preeklamsia, alzheimer, dan masih banyak lagi. Menurut penelitian yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, ditemukan bahwa dari sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diuji, daun kenikir menjadi salah satu sayuran yang mengandung antioksidan jenis flavonoid yang tinggi. Di sisi lain, para ahli juga menemukan adanya senyawa fenol (sejenis flavonoid) di dalamnya yang dapat berperan sebagai antioksidan dan bahan obat. Inilah yang menyebabkan daun kenikir alias ulam raja mampu bertindak sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

    1. 5. Mengobati Maag dan Asam Lambung

    Penyakit maag dan asam lambung merupakan jenis penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Banyak yang menganggap kedua penyakit ini sepele, padahal jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan berbagai komplikasi.

    Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Daun Kenikir Lawan Diabetes lihat artikel lainnya disini. Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

Baca Juga :  Inilah Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan