Di musim hujan seperti saat ini, hidung tersumbat merupakan salah satu keluhan yang umum.Mengalami hidung tersumbat bisa jadi sangat tidak mengenakan.Pasalnya, selain dapat menyebabkan kesulitan bernapas, hidung mampet terkadang bisa sampai menimbulkan sakit kepala mengganggu.Sementara, ketika ingin membuang ingus dengan harapan bisa bernapas lagi, ternyata tidak ada yang keluar.Tak heran, dalam laman pencarian, kalimat “apa yg harus dilakukan saat hidung tersumbat?” menjadi salah satu yang paling tinggi dicari.

Banyak orang mengira hidung tersumbat adalah akibat terlalu banyaknya lendir di saluran hidung.Namun, hidung yang tersumbat sebenarnya bisa juga disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di sinus.Pembuluh darah yang teriritasi ini biasanya dipicu oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.Terlepas dari penyebab hidung tersumbat, ada sejumlah cara mudah untuk meredakannya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan dengan bantuan obat yang bisa dicoba untuk dapat merasakan atau bernapas lebih baik:

5 1. Gunakan humidifier

Humidifier merupakan cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Melansir Health Line, alat humidifier akan mengubah air menjadi kelembapan yang perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembapan di dalam ruangan. Menghirup udara lembab ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembengkakan pembuluh darah di hidung dan sinus.

42. Mandi air hangat

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat dan ternyata Anda bisa bernapas jauh lebih baik setelah mandi air hangat? Ada alasan bagus untuk itu. Uap dari pancuran dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Dengan demikain, mandi air hangat dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara.
Anda bisa mendapatkan efek yang sama dengan menghirup uap dari air panas di wastafel yang tersedia pilihan air panas. Begini caranya: Nyalakan air panas di wastafel kamar mandi Setelah suhunya tepat, letakkan handuk di atas kepala Anda dan taruh kepala di atas wastafel Biarkan uap terbentuk, dan tarik napas dalam-dalam Berhati-hatilah agar wajah Anda tidak terbakar karena air panas atau uap

Baca Juga :  Pemeriksaan Kesehatan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

33. Tetap terhidrasi

Jaga agar cairan tetap mengalir saat hidung Anda tersumbat. Hampir semua cairan dapat membantu Anda tetap terhidrasi saat Anda sakit, termasuk air putih, minuman isotonik, dan bahkan jus. Asupan cairan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi. Jika hidung tersumbat Anda disertai dengan sakit tenggorokan, teh dan sup hangat juga akan membantu meredakan ketidaknyamanan di tenggorokan

24. Gunakan semprotan cairan

saline Hidrasi selangkah lebih maju dengan larutan saline, larutan air garam yang bisa didapatkan di apotek. Cairan saline ada yang mengandung natrium klorida 0,9 persen dan natrium klorida 0,45 persen yang larut dalam air. Menggunakan semprotan saline hidung dapat meningkatkan kelembapan di lubang hidung Anda.Semprotan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda. Ini mengurangi peradangan pembuluh darah Anda dan membantu mengosongkan cairan dari hidung Anda. Banyak semprotan saline tersedia tanpa resep.

Beberapa semprotan saline juga termasuk obat dekongestan. Namun, akan lebih baik memang, bicaralah dulu dengan dokter sebelum Anda mulai menggunakan semprotan saline dengan dekongestan. Obat ini sebenarnya dapat memperburuk hidung tersumbat jika digunakan selama lebih dari tiga hari. Obat ini juga dapat menyebabkan efek samping bila digunakan bersama dengan obat lain.

15. Keringkan sinus

Anda bisa membersihkan lubang hidung yang tersumbat dengan neti pot.Neti pot adalah wadah yang dirancang untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Penggunaan neti pot direkomendasikan untuk memakai air suling atau steril sebagai pengganti air keran. Berikut cara menggunakan neti pot: Berdirilah dengan kepala di atas wastafel Tempatkan cerat neti pot di salah satu lubang hidung Miringkan neti pot sampai air masuk ke saluran hidung Setelah air mengalir ke lubang hidung, air akan keluar melalui lubang hidung yang lain dan mengalir ke bak cuci Lakukan ini selama sekitar satu menit, lalu ganti sisi.

Baca Juga :  Bukan Gila, Ini 2 Penyebab Seseorang Bisa Menangis Tanpa Sebab

Lihat kesehatan lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here