Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Bisa Bantu Mencegah Alzheimer & Kanker

Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Bisa Bantu Mencegah Alzheimer & Kanker
Foto Istimewa

Manfaat daun selada ternyata beragam, mulai dari mencegah alzheimer hingga kanker. Namun, tidak banyak orang tahu kalau sayuran yang biasanya kita jumpai sebagai lalapan, salad atau garnish ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Selada adalah daun yang kerap dianggap membosankan oleh sebagian orang. Pasalnya daun hijau ini memiliki rasa atau aroma yang kurang menggugah selera bagi beberapa orang.

Selada atau bernama ilmiah lactuca sativa merupakan sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, di antaranya sebagai berikut:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Lemak
  • Mineral
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Kalium
  • Antioksidan

    Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan

    10. Menangkal Radikal Bebas

    Jumlah radikal bebas yang banyak di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit. Daun selada terutama daun selada merah memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi daun ini juga dapat mengurangi inflamasi dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

    Pasalnya daun selada dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

    9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Umumnya, kita mendapatkan vitamin C dari buah-buahan. Namun, sayuran yang satu ini rupanya juga mengandung sumber vitamin C. Kandungan vitamin C dalam selada juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena memiliki antioksidan yang tinggi.

    8. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi

    Selada adalah sayuran yang kaya akan kalsium yang dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Kalsium juga dapat meningkatkan fungsi otot, saraf dan mencegah penyumbatan darah. Fosfor yang terkandung di dalam daun ini juga baik untuk tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungannya tersebut dapat menjaga tubuh, terutama jika selada dikonsumsi secara mentah.

    7. Baik untuk Kesehatan Mata

    Selada juga kaya akan beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A bermanfaat untuk membuat tubuh dan wajah lebih awet muda, karena dapat meningkatkan pertumbuhan sel.

    6. Manfaat Daun Selada untuk Ibu Hamil

    Daun hijau ini juga baik dikonsumsi ibu hamil karena kaya akan asam folat.Asam folat sendiri mengandung vitamin B yang dapat membantu membangun DNA dan material genetik. Kandungan folat sangat penting bagi wanita hamil atau wanita yang sedang dalam program kehamilan.

    5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

    Mengonsumsi selada secara rutin dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium di dalam sayuran ini dapat mengurangi tekanan darah dengan cara mengurangi efek garam pada makanan.

    4. Mencegah Terjadinya Alzheimer

    Manfaat daun selada selanjutnya adalah mencegah alzheimer atau masalah ingatan. Pasalnya, selada kaya akan vitamin K yang sangat baik untuk mencegah kerusakan saraf otak. Selain baik untuk otak, vitamin K juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan sel tulang.

    3. Manfaat Selada Air untuk Diet

    Mengonsumsi rutin selada sebagai pengganti makanan siap saji merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Selada hanya mengandung sekitar 17 kalori serta memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membuat cepat kenyang. Tidak mengherankan kalau sayuran ini kerap menjadi menu utama dalam program diet.

    2. Baik untuk Pencernaan

    Selada merupakan salah satu sayuran yang dapat dijadikan sumber serat untuk pencernaan. Serat di dalam daun ini sangat baik untuk pencernaan, karena dapat mencegah sembelit dan rasa tidak nyaman seperti kembung atau sakit perut.

    1. Berpotensi Mencegah Kanker

    Meski belum dapat dipastikan, tetapi kandungan folat dan antioksidan dalam selada dianggap mampu melindungi tubuh dari kanker. Selada dianggap berpotensi mencegah terjadinya jenis kanker tertentu dalam tubuh.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Bisa Bantu Mencegah Alzheimer & Kanker lihat artikel lainnya disini. Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Inilah 6 Hewan Anjing Asal Prancis Yang Menggemaskan