Manfaat Terong Bagi Kesehatan Bisa Mencegah Kanker

Manfaat Terong Bagi Kesehatan Bisa Mencegah Kanker
Foto Istimewa

Terung atau terong merupakan salah satu sayuran dalam bentuk buah. Rasa dan tekstur yang khas menjadikan sayuran ini banyak digemari. Meski belum banyak yang menyadari, namun manfaat terong ternyata juga baik untuk kesehatan. Tanaman dengan nama latin Solanum melongena L. ini biasanya tumbuh di daerah tropis tak terkecuali Indonesia. Budidaya tanaman terong cukup populer di kalangan petani Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistika, jumlah produksi terong di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 575.392,00 ton. Angka tersebut diketahui jauh lebih tinggi dibandingkan komoditas sayuran lain seperti buncis, ketimun, labu siam, kangkung, dan bayam. Kandungan Terong Harganya yang relatif terjangkau dan keberadaannya yang mudah dijumpai, membuat sayuran ini cukup populer. Namun siapa sangka jika dalam terong juga banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, diketahui dalam 100 g terong segar terdapat beberapa kandungan nutrisi seperti berikut ini. 92,7 g air 28 kal energi 1,1, g protein 0,2 g lemak 5,5 g karbohidrat 2,1 g serat 0,5 abu 15 mg kalsium 37 mg fosfor 0,4 mg besi 8 mg natrium 187,0 mg kalium 0,10 mg tembaga 0,1 mg seng 46 mcg beta-karoten 30 mcg karoten total 0,04 mg vitamin B1 0,03 mg vitamin B2 0,5 mg niasin 5 mg vitamin C.

5. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien dalam terong dipercaya bisa membantu memelihara kesehatan jantung. Selain itu, sayuran ini juga mengandung flavonoid atau pigmen yang larut dalam air sehingga bisa mengatasi berbagai gangguan pada jantung. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrion menyebutkan bahwa flavonoid dari jenis antosianin berperan penting dalam melindungi kesehatan jantung. Zat pigmen tersebut dipercaya bisa menurunkan darah tinggi. Dengan demikian risiko penyakit jantung juga bisa dihindari.

4. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terong bisa menurunkan kolesterol. Terong mengandung senyawa asam klorogenat yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, sayuran ini juga tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi orang yang perlu menyeimbangkan kadar kolesterolnya.

3. Bermanfaat untuk otak

Manfaat terong lainnya juga dipercaya bisa menjaga kesehatan otak. Kandungan nasunin yang merupakan zat antioksidan dapat menjaga kesehatan otak. Hal ini dikarenakan nasunin bisa melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas. Terong juga mengandung antosianin yang dapat memicu peredaran darah menuju otak dan mencerah peradangan saraf otak. Hal ini bermanfaat untuk mencegah penyakit dan gangguan fungsi kognitif akibat penuaan.

2. Mencegah kanker

Terong memiliki kandungan polifenol, antosianin, asam klorogenat yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Zat tersebut diketahui bisa mencegah tumor dan menghentikan penyebaran kanker dalam tubuh. Senyawa aktif tersebut juga bisa membuang racun dan membunuh sel kanker. Asam klorogenat diketahui memiliki sifat anti mutagen. Sehingga senyawa ini dapat melawan kerusakan gen penyebab kanker.

1. Membuat kulit lembut dan bercahaya

Manfaat terong selanjutnya yaitu bisa membuat kulit lebih lembut dan becahaya. Kandungan antioksidan dalam terong yang cukup tinggi dipercaya bisa melembapkan dan menutrisi kulit dari dalam. Terong juga mengandung antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga secara tidak langsung terong dalam menjaga kulit tetap sehat.

Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Terong Bagi Kesehatan Bisa Mencegah Kanker lihat artikel lainnya disini. Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!