Manfaat Buncis untuk Kesehatan Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

Manfaat Buncis untuk Kesehatan Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker
Foto Istimewa

Buncis merupakan salah satu jenis sayur yang sangat populer di Indonesia. Sayur yang memiliki nama lain green beans ini sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti gulai buncis, oseng-oseng, dan aneka tumisan. Selain memiliki cita rasa yang segar, buncis juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, buncis memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, protein, hingga zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, satu cangkir buncis mentah hanya mengandung 31 kalori. Sehingga sayur berwarna hijau ini cocok dikonsumsi oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan. apa saja manfaat buncis untuk kesehatan?

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buncis yang pertama ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin A pada buncis berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti hipertensi hingga diabetes. Selain itu, mengonsumsi sayur buncis secara teratur juga dapat melawan penyakit infeksi. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan sejak dini. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan mengonsumsi sayur buncis. Sayur buncis diketahui mengandung turunan asam lemak yaitu senyawa acetogenins. Kandungan ini sebagai antioksidan yang dapat berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya setiap orang melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi buncis. Sayur buncis memiliki kandungan zat besi, kalsium, serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat buncis ini dapat diperoleh dengan cara mengonsumsinya secara teratur.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Lebah Membangun Sarang Berbentuk Segienam?

4. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat buncis lainnya ialah dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung. Salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah mengonsumsi buncis. Kandungan senyawa pada buncis berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya rutin mengonsumsi sayur buncis. Pasalnya buncis merupakan sumber nutrisi yang rendah kalori. Sehingga buncis dapat membantu proses diet yang sedang Anda jalani. Seseorang yang mengonsumsi buncis cenderung akan merasakan kenyang lebih lama. Hal ini karena buncis mampu menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran kita untuk makan sesuatu. Sehingga buncis juga baik dikonsumsi bagi penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buncis selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan sayur buncis mengandung vitamin A yang tinggi sehingga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah penyakit mata. Manfaat ini bisa Anda dapatkan apabila secara teratur mengonsumsi sayur buncis yang sudah dimasak.

1. Melancarkan Pencernaan

Sayur buncis mengandung serat yang dapat berfungsi membantu proses memperlancar pencernaan. Tak hanya itu, buncis juga memiliki sifat anti mikroba yang berperan penting dalam menghentikan diare. Sehingga mengonsumsi buncis secara teratur berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buncis untuk Kesehatan Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker lihat artikel lainnya disini. Tonton video menarik lainnya diĀ Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Patikan Untuk Kecantikan Wajah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here