Manfaat Kubis untuk Kesehatan Bisa Mencegah Alzheimer!

Manfaat Kubis untuk Kesehatan Bisa Mencegah Alzheimer!
Foto Istimewa

Kubis merupakan bagian dari keluarga sayuran silangan, yaitu Brassica oleracea. Warna kubis bervariasi lho guys, mulai dari putih (biru pucat),merah (ungu) dan hijau. Tak hanya rasanya saja yang lezat, kubis juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan, karena banyaknya nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya. Bahkan karena banyaknya khasiat untuk kesehatan, kubis sampai mendapat julukan ‘obatnya orang miskin’, karena harganya yang juga murah meriah. Nah, berikut ini ulasan tujuh manfaat kubis untuk kesehatan tubuh.

5. Mampu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Khasiat ajaib pertama kubis untuk kesehatan, adalah mampu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr. Piotr Duchnowicz dari Universitas Lodz di Polandia pada tahun 2012 lalu, menunjukkan fakta bahwa kandungan polifenol yang tinggi pada kubis, mampu menurunkan penyakit kardiovaskular (seperti jantung) dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), tekanan darah, dan mencegah terjadinya penumpukan pada trombosit.

4. Membantu menurunkan berat badan

Tak hanya mampu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat saja, kubis juga mampu membantu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin, mineral, air, serat, dan nutrisi penting lainnya pada kubis, mampu membantu menurunkan berat badan, dan merupakan pilihan makanan yang sehat untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, kubis juga rendah kalori, yaitu sekitar 33 kalori per cangkir, sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan jika mengonsumsinya.

2. Mendukung kesehatan otak dan mencegah alzheimer

Selain mampu mencegah katarak, kubis juga mampu mendukung kesehatan otak dan mencegah alzheimer. Kandungan vitamin K dan anthocyanin pada kubis, mampu meningkatkan fungsi otak dan konsentrasi mental. Vitamin K berperan penting pada produksi sphingolipid, selubung milein yang berada di sekitar sel saraf, sehingga mampu melindungi kerusakan dan pembusukan pada saraf. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K yang tinggi seperti kubis, mampu meningkatkan pertahanan terhadap penyakit degeneratif saraf, seperti alzheimer, ataksia, parkinson, dan penyakit degeneratif saraf lainnya.

1. Meningkatkan energi dan kekebalan tubuh

Kubis merupakan sayuran yang kaya manfaat, karena selain mampu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan katarak,  kubis ternyata juga mampu meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Kubis mengandung banyak vitamin B, termasuk vitamin B1 dan B6, yang merupakan vitamin penambah energi. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada kubis, mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melalui peranannya sebagai antioksidan, dalam melawan radikal bebas.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Kubis untuk Kesehatan Bisa Mencegah Alzheimer! lihat artikel lainnya disini. Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here