Channel E – Kulit terpapar sinar matahari menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam dan memicu terjadinya penuaan dini. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa mulai dari sekarang dengan rutin menggunakan sunscreen setiap hari.

Tetapi banyak yang nggak tau kalau memilih sunscreen nggak boleh asal, harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Nah, biar nggak bingung lagi, kami punya tips memilih sunscreen sesuai jenis kulit. Gimana aja? Just keep scrolling, ya!

1. Kulit normal

gambar istimewa

Untuk kamu yang memiliki kulit normal, banyak banget pilihan sunscreen yang bisa dicoba. Kamu bisa menggunakan mineral sunscreen ataupun kimiawi. Dari segi tekstur juga bisa disesuaikan dengan kenyamanan kulit, boleh yang gel, cream, spray, maupun lotion. Nggak hanya itu aja, kulit normal juga bisa memilih sunscreen yang mengandung hyaluronic acid atau niacinamide yang berfungsi sebagai skincare.

2. Kulit berminyak

gambar istimewa

Jika kulitmu cenderung mudah berminyak, ada baiknya pilih sunscreen yang dengan tekstur lebih ringan, tidak lengket dan hasil akhirnya matte, sehingga minyak berlebih dapat dikontrol dan kulit bebas kilap seharian. Oleh karena itu, kulit berminyak bisa pilih sunscreen dengan tekstur seperti gel atau lotion, ya.

3. Kulit cenderung berjerawat

gambar istimewa

Nah, untuk sunscreen yang cocok di kulit cenderung berjerawat adalah pastikan produk bebas dari minyak dan non-comedogenic. Artinya, produk tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar tak menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Sama dengan kulit berminyak, pilih juga sunscreen yang memiliki tekstur gel dan ringan.

5. Kulit kombinasi

gambar istimewa

Mencari skincare untuk kulit kombinasi memang tak mudah, dimana bagian T-zone cukup berminyak namun di sisi lain kulit lebih kering. Nah, untuk itu kamu bisa memilih mineral sunscreen yang memiliki tesktur lotion. Mineral sunscreen memiliki tekstur yang ringan namun tetap melembapkan. Penting juga untuk memilih sunscreen non-comedogenic.

6. Kulit sensitif

gambar istimewa

Kalau yang memiliki kulit sensitif pasti lebih sulit lagi dalam menjadi sunscreen yang aman dan nyaman. Tapi nggak perlu bingung, kamu cukup menggunakan sunscreen dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide, karena minim iritasi. Selain itu gunakan sunscreen yang tidak mengandung alkohol, paraben, dan oxybenzone.

So, itu dia tips memilih sunscreen sesuai jenis kulit yang wajib kalian tahu. Mulai sekarang sudah nggak bingung lagi, dong. Semoga membantu!

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here