Channel E – Belakangan ini muncul fenomena mengadopsi boneka dan memperlakukannya seperti anak bayi. Di kalangan selebritas, fenomena ini mulai ramai di pertengahan tahun 2021, meskipun beberapa dari mereka mengaku sudah mengoleksi dan ‘merawat’ boneka itu sejak lama.

Di marketplace pun, muncul rekomendasi spirit doll yang siap diadopsi dengan harga yang fantastis. Konon, boneka tersebut dipercaya mendatangkan nasib baik bagi mereka yang merawatnya.

Sebenarnya, apa itu spirit doll dan siapa saja artis yang sudah mengadopsinya?

Sebenarnya apa itu spirit doll?

gambar istimewa

Secara harfiah, spirit doll atau boneka arwah, berarti boneka yang telah dirasuki arwah penasaran. Konon, arwah yang bersemayam di tubuh boneka tersebut adalah arwah bayi hasil korban aborsi. Maka dari itu, boneka arwah memiliki sifat manja dan harus dirawat selayaknya anak bayi. Mulai dari diganti pakaiannya, diberi makan, hingga digendong.

Dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan

gambar istimewa

Berbicara soal spirit doll atau boneka arwah fenomena ini bukanlah hal baru di beberapa negara Asia, khususnya Thailand dan Malaysia. Tren boneka arwah muncul di tahun 2016 dengan Mae Ning sebagai pelopornya.

Theculturetrip.com menyebutkan Mae Ning yang juga berprofesi sebagai penyiar radio itu kerap menyebut-nyebut boneka miliknya dengan sebutan Child Angel atau Luk Thep dalam siarannya. Menurut Mae Ning, selama ini ia kerap mendapatkan keberuntungan yang tak terduga semenjak mengadopsi dan merawat Luk Thep miliknya layaknya seorang bayi.

Tidak seperti Annabelle atau jailangkung yang diisi oleh arwah penasaran, Luk Thep konon diisi dengan arwah peri atau elf. Hal inilah yang membuatnya membawa keberuntungan bagi pengasuhnya.

Semenjak informasi ini tersebar luas, banyak selebritas Thailand yang mengikuti jejak Mae Ning, yakni mengadopsi spirit doll dengan harapan dapat mendapatkan keberuntungan juga. Kemudian tren tersebut menyebar ke Malaysia tahun 2019 dan masuk ke Indonesia di 2021.

Jangan lupa untuk memberinya hadiah sesekali

gambar istimewa

Menurut sosok indigo Furi Harun yang telah mengadopsi ratusan spirit doll, boneka ini tidak akan mengganggu pengasuhnya. Ia hanya akan bersifat manja dan senang digendong.

Namun, sebagai pengasuhnya, menurut Furi, sesekali tak ada salahnya untuk memberikan spirit doll ini hadiah. Hadiah yang dapat diberikan juga tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan dupa, bunga, atau kopi sebagai hadiahnya.

Harga spirit doll yang mencapai jutaan rupiah

gambar istimewa

Melihat kelebihan dari spirit doll, apakah kamu tertarik untuk mengadopsinya juga? Jika iya, kamu harus merogoh kocek yang nggak sedikit nih. Di beberapa marketplace, satu spirit doll dihargai mulai dari Rp550 ribu, Rp3,75 juta, hingga Rp5,5 juta.

Menurut penjelasannya, spirit doll tersebut berisi entitas peri dan bukan arwah bayi penasaran. Sehingga, kemungkinan besar, kamu yang mengadopsinya kelak bisa mendapat keberuntungan.

Namun kini, ketika mencari lagi dengan kata kunci spirit doll di marketplace, hasilnya sudah tidak ada atau produk tidak ditemukan. Kemungkinan produk-produk tersebut sudah di-take down oleh pihak marketplace.

Tidak sembarang orang bisa mengadopsi spirit doll

gambar istimewa

Oke, jika uang bukanlah masalah untukmu dan kamu tetap ingin mengadopsi spirit doll, ada beberapa tes yang harus kamu lalui. Sebab, kamu tidak bisa memilih begitu saja boneka yang akan kamu adopsi.

Kamu harus memberikan data diri yang lengkap dengan golongan darah. Kemudian, data tersebut dicocokan dengan boneka yang akan diadopsi. Jika cocok, kamu bisa mengadopsi boneka itu.

Artis-artis yang mengadopsi spirit doll

Di Indonesia sendiri, belakangan ini spirit doll menjadi fenomena yang banyak dibicarakan. Bahkan, beberapa dari mereka menganggapnya sebagai anak sendiri yang menemaninya di kala sedang sendirian. Berikut ini beberapa artis yang diketahui mengadopsi spirit doll.

1Celine Evangelista

gambar istimewa

Celine Evangelista baru saja mengadopsi spirirt doll dari Furi Harun dan menganggapnya sebagai anak ketiganya. Boneka ini kemudian dirawatnya dengan baik bak anaknya sendiri. Bahkan, ia tak segan-segan mendandaninya dengan pakaian bayi.

2Ivan Gunawan

gambar istimewa

Ivan Gunawan belakangan juga menjadi perbincangan di media sosial lantaran baru saja mengadopsi dua boneka yang diberi nama Miracle Gunawan dan Marvel Gunawan. Bahkan, dalam wawancaranya dengan Boy William, Ivan mengatakan dengan tegas bahwa Miracle dan Marvel bukanlah boneka, melainkan bayi laki-laki.

3Sarwendah

gambar istimewa

Jauh sebelum Ivan dan Celine, Sarwendah lebih dulu memiliki boneka. Awalnya, boneka ini dibelikan Sarwendah untuk anak mereka Thania Putri Onsu. Namun, boneka tersebut mirip sekali dengan bayi laki-laki. Sejak saat itu, boneka tersebut dirawat layaknya anak mereka sendiri.

4Nora Alexandra

gambar istimewa

Tak hanya satu, Nora Alexandra bahkan mengadopsi tiga spirit doll sekaligus dari Furi Harun. Ketiga spirit doll tersebut masing-masing diberi nama Fannie, Lolly dan Ella. Menurut Nora, masing-masing boneka ini memiliki kisah tersendiri yang membuatnya jatuh hati untuk mengadopsinya.

5Lucinta Luna

gambar istimewa

Lucinta Luna juga memiliki spirit doll yang diberi nama Fitri dan diadopsi sejak Oktober 2021 lalu. Spirit Doll ini pun selalu ia bawa ke mana pun Lucinta pergi. Menurut Lucinta, ia sangat tertarik pada Fitri dan berharap dapat membantu Fitri keluar dari masa lalunya yang kelam.

Itulah tadi fakta tentang fenomena spirit doll. Kamu tertarik untuk mengadopsinya juga nggak, nih?

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!