Lidah buaya adalah tanaman serba guna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu. Lidah buaya atau sering disebut dengan aloe vera, menghasilkan dua bahan, yaitu gel dan getah, yang biasanya digunakan dalam obat­-obatan.

Channel E – Tanaman dengan tekstur tepi bergerigi tersebut memiliki tiga lapisan yang mana lapisan pertama fungsinya sebagai pelindung dan juga tempat sintesis dari karbohidrat dan protein. Lapisan kedua yang juga disebut lateks merupakan lapisan getah kuning yang pahit.

gambar istimewa

Tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang membuatnya begitu banyak dicari untuk kesehatan dan perawatan kulit. Apa saja manfaatnya? Simak informasinya di bawah ini.

1Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan akan mudah muncul. Hal ini juga disebabkan kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembapan serta elastisitasnya. Tetapi, Anda bisa mencegah tanda penuaan sejak dini dengan menggunakan aloe vera. Kemampuan aloe vera untuk melembapkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dipercaya dapat mencegah tanda penuaan.

2Efektif Melembapkan Kulit

Cenderung tumbuh di iklim tropis, daun lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar air agar tidak kering. Itu sebabnya, lidah buaya dapat tetap tumbuh subur bahkan di lingkungan yang memiliki kondisi panas intens sekalipun. Berkat kemampuan ini, gel yang terkandung dalam daun aloe vera sering digunakan sebagai dasar produk farmasi, karena dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.

3Mengurangi Ketombe

Tak hanya bermanfaat merawat kulit tubuh, bisa juga melindungi kulit kepala. Hal ini dikarenakan lidah buaya bekerja sangat baik untuk mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala gatal. Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit kepala berminyak, akumulasi sel-sel mati, atau bahkan infeksi di kepala. Dalam hal ini aloe vera dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala. Selain itu, sifat antimikroba dan dalam aloe vera mampu melawan infeksi dan menenangkan kulit kepala.

Baca Juga :  Manfaat Air Rebusan Daun Putri Malu Bagi Suami

4Mengurangi Stretch Mark

Ketika kulit mulai mengendur atau merenggang, seperti selama kehamilan atau karena kenaikan berat badan yang cepat, elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini menimbulkan kerutan atau tanda-tanda peregangan yang akrab disebut stretch mark.  Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun berbahan dasar aloe vera setiap harinya.

5Penyembuh Luka

Lidah buaya populer digunakan sebagai obat alami untuk membantu penyembuhan luka, seperti goresan dan luka bakar. Sifat antimikroba pada aloe vera menjadikannya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka. Itu sebabnya, tumbuhan ini juga populer digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here