Bunga telang adalah bunga asli dari Asia Tenggara. Akhir-akhir ini banyak yang mengonsumsinya sebagai teh karena dianggap memiliki banyak khasiat di dalam tubuh.

gambar istimewa

Channel E – Manfaat bunga telang telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat sebagai obat untuk gangguan penglihatan, seperti mata merah atau sakit mata lainnya. Bunga ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah.  Air rendaman itulah yang dijadikan sebagai obat pencuci mata yang sakit.

Cara paling mudah menikmatinya adalah dengan dijadikan teh. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi minuman dingin menyegarkan. Penasaran dengan cara mengkonsumsinya? Simak tipsnya di bawah ini ya!

1. Air bunga telang untuk mata

Bunga telang bisa mengurangi radang mata dan meningkatkan kemampuan penglihatan. caranya celupkan beberapa bunga telang pada air yang mendidih. Tunggu selama beberapa menit hingga air hasil celupan berwarna bunga telang. Setelah itu pisahkan bunga telang dan air yang mendidih. Tunggu sampai hangat. Kemudian air hasil celupan daun telang itu diteteskan beberapa kali di bagian mata.

2. Cara membuat teh bunga telang

Memiliki beragam manfaat, bunga telang bisa dijadikan minuman teh. Bahan yang diperlukan yaitu kelopak bunga telang kering, buah lemon, madu, dan es jika ingin dibuat dingin. Teh bunga telang bisa diminum tiga kali sehari. Cara membuatnya teh bunga telang yaitu:

  • Rebus air panas dan tuang ke dalam gelas atau cangkir
  • Masukkan beberapa bunga telang kering, dan tunggu beberapa menit. Tunggu sampai air berwarna biru seperti bunga terang
  • Setelah warna bunga luntur dalam air, saring air dalam gelas yang baru
  • Jika ingin rasanya manis, tambahkan madu secukupnya lalu aduk merata. Anda bisa menambahkan lemon untuk perasa asam
  • Tambahkan es batu jika anda ingin teh bunga telang dingin
Baca Juga :  Pemeriksaan Kesehatan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Anda juga bisa membuat minuman dari berbagai bahan misal jeruk nipis, susu, jahe, dan kayu manis. Minuman ini bisa dinikmati ketika pagi hari untuk menghangatkan tubuh. Anda juga bisa menikmati ketika siang hari menjadi es teh bunga telang.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here