Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

gambar istimewa

Channel E – Anemia dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang, dengan tingkat keparahan yang bisa ringan sampai berat. Anemia merupakan gangguan darah atau kelainan hematologi yang terjadi ketika kadar hemoglobin (bagian utama dari sel darah merah yang mengikat oksigen) berada di bawah normal

Lantas, langkah pencegahan seperti apa yang tepat agar bisa terhindar dari anemia? Berikut adalah beberapa langkah pencegahan anemia yang bisa Anda lakukan!

1. Makan makanan kaya zat besi

gambar istimewa

Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin di dalam sel darah merah. Hemoglobin adalah zat yang memberi warna merah dan memungkinkan sel darah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda.

2. Minum Suplemen Penambah Darah

Suplemen penambah darah mungkin lebih ditujukan untuk wanita yang rentan mengalami anemia saat menstruasi. Kalau kamu salah satunya, kamu dapat mencegah anemia defisiensi besi dengan mengonsumsi multivitamin zat besi atau penambah darah. Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk zat besi adalah 8 mg per hari untuk wanita usia 9–13 tahun, dan 15 mg per hari untuk wanita usia 14–18 tahun.

3. Hindari minum teh atau kopi ketika makan

Minuman-minuman ini dapat mencegah tubuh untuk menyerap zat besi.

5. Tingkatkan konsumsi makanan kaya vitamin C

gambar istimewa

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi agar lebih optimal. Selain mengonsumsi asupan tinggi zat besi, orang yang rentan mengalami anemia juga perlu makan makanan kaya vitamin C. Beberapa buah dan sayur dengan kandungan vitamin C tinggi di antaranya jeruk, stroberi, sampai brokoli.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here