MALAIKAT IZRAIL  MENANGIS

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, halo sahabat kanal pedia islam kali ini kita akan membahas kisah ketika Malaikat Izrail Menangis, Tertawa, dan Terkejut.

Malaikat Izrail akan selalu mendatangi setiap manusia dan bertugas sebagai pencabut nyawa ketika ajal tiba. Tugas malaikat Izrail akan menarik ruh manusia hingga terlepas dari jasadnya.

Sebuah kisah yang diambil dari kitab Tadzkirah Imam al Qurthubi menceritakan percakapan Allah SWT dengan malaikat Izrail. Kisah ini bermakna sangat dalam dan harus menjadi panduan umat manusia dalam menjalani hidup demi hidup kekal kelak disurga.

Kisah Izrail, malaikat pencabut nyawa, berawal ketika Allah SWT memerintahkan malaikat Izrail bersama malaikat Jibril, Israfil, dan Mikail untuk mengambil tanah ke bumi untuk menciptakan Adam a.s.

Sebelum mengutus malaikat Izrail, Allah SWT terlebih dahulu mengutus malaikat Jibril untuk mengambil tanah ke bumi.

Namun, malaikat Jibril gagal mengambil tanah dari bumi karena bumi bersumpah dengan atas nama Allah bahwa Ia tidak sanggup menanggung beban manusia di bumi.

Lalu, Allah SWT kembali mengutus dua malaikat, yaitu malaikat Mikail dan malaikat Israfil untuk mengambil tanah di bumi. Akan tetapi, bumi kembali bersumpah seperti yang Ia lakukan kepada malaikat Jibril.

Hingga akhirnya, Allah SWT memerintahkan malaikat Izrail untuk turun ke bumi dan mengambil tanah.

PERTANYAAN PERTAMA

Suatu ketika Allah SWT bertanya kepada malaikat maut: “Apakah kamu pernah menangis ketika kamu mencabut nyawa anak cucu Adam?” Maka Malaikat pun menjawab: “Aku pernah tertawa, pernah juga menangis, dan pernah juga terkejut dan kaget.”

malaikat izrail

PERTANYAAN KEDUA

Lalu Allah bertanya lagi  “Apa yang membuatmu tertawa?”. Kata Malaikat  “Ketika aku bersiap-siap untuk mencabut nyawa seseorang, aku melihatnya berkata kepada pembuat sepatu, ‘Buatlah sepatu sebaik mungkin supaya bisa dipakai selama setahun,Aku tertawa karena belum sempat orang tersebut memakai sepatu dia sudah kucabut nyawanya.”

Baca Juga :  TRADISI UNIK SHOLAT JUM'AT DI BERBAGAI NEGARA

PERTANYAAN KETIGA

Allah melanjutkan pertanyaannya “Apa yang membuatmu menangis?” Maka malaikat menjawab: “Aku menangis ketika hendak mencabut nyawa seorang wanita hamil di tengah gurun padang pasir dan hendak melahirkan. Aku menunggu sampai bayinya dilahirkan. Lantas kucabut nyawa wanita itu sambil menangis karena mendengar tangisan bayinya karena tidak ada satu pun orang yang mengetahui kelahiran bayi tersebut.”

Semoga kisah ini bermanfaat bagi kita tentang Penjelasan Kisah ketika Malaikat Izrail Menangis, Tertawa, dan Terkejut.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “Kanalpedia Islam”

Baca juga Inilah Kisah Ksatria Yang Sebanding Dengan Seribu Prajurit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here