Sejarah Perkembangan Hp Dari Masa Ke Masa, Simak Artikelnya!

gambar istimewa

Channel E -Smartphone menjadi salah satu gadget yang kian populer setiap tahunnya. Bahkan, kini semua orang sudah mulai menjadikan smartphone sebagai salah kebutuhan pokok. Mulai dari anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar hingga orang dewasa sudah memiliki gadget satu ini. Banyaknya merk dan tipe smartphone murah, menjadi salah satu faktor penunjang mengapa gadget satu ini begitu populer. Sebagai pengguna smartphone, pernahkah Anda bertanya-tanya kapan kemunculan perdananya? Jika pertanyaan tersebut terbesit dalam benak Anda, simak ulasan berikut mengenai sejarah perkembangannya dari awal kemunculannya hingga saat ini.

Pada Tahun 70-an

gambar istimewa

Ponsel pertama kali muncul di dunia yakni pada tahun 70-an, tepatnya tahun 1973. Martin Cooper menjadi sosok penting yang mengenalkan ponsel. Sosoknya merupakan salah satu orang penting dalam bisnis telekomunikasi di Amerika Serikat. Ya, benda canggih ini pertama kali muncul di New York. Motorola DynaTAC menjadi ponsel yang digunakan Cooper saat itu untuk melakukan komunikasi.

Pada Tahun 80-an

gambar istimewa

10 tahun setelah munculnya Motorola DynaTAC, tahun 1983 kembali muncul ponsel generasi terbaru, yakni Motorola DynaTAC 8000X. Berbeda dengan Motorola DynaTAC tahun 1973, ponsel terbaru ini menjadi ponsel pertama yang secara resmi dikomersialkan. Masyarakat sudah bisa ikut menggunakannya sebagai media komunikasi. Meski sudah mengalami beberapa pembaharuan, namun ponsel ini masih memiliki bobot yang cukup besar, sekitar 793 gram.

Baterai yang disematkan pada Motorola DynaTAC 8000X bisa beroperasi selama 8 jam lamanya.

Pada Tahun 90-an

gambar istimewa

Dibandingkan dengan ponsel generasi 70-an dan 80-an, ponsel yang muncul di era 90-an sudah bisa dipastikan lebih canggih. Perkembangan dan pembaharuan terus dilakukan oleh para perusahaan telekomunikasi. Bahkan, untuk pertama kalinya muncul sebuah ponsel yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Tapi jangan harap jika Anda bisa menggunakan ponsel ini untuk berselancar di dunia maya.

Baca Juga :  7 Fakta Menarik Apple yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Selain bisa digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon, ponsel yang muncul di tahun 1992 juga bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan singkat berupa SMS.

 Pada Tahun 2000-an

gambar istimewa

Istilah smartphone atau ponsel pintar semakin populer di era ini. Bagaimana tidak, munculnya Sharp J-SH04 semakin menarik perhatian masyarakat. Pasalnya, ponsel pintar ini sudah dilengkapi dengan kamera di dalamnya. Ya, Sharp J-SH04 merupakan ponsel pertama di dunia yang membuat penggunanya bisa memotret foto.

gambar istimewa

Kemunculan iPhone di tahun 2007 ini, membuat ponselnya bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet 3G. Dengan mengandalkan koneksi jaringan 3G, para pengguna iPhone bisa dengan leluasa berselancar di dunia maya.

gambar istimewa

Percaya tidak percaya, awal tahun 2010-an menjadi tahun kejayaan dari BlackBerry. Bahkan, Anda baru akan dianggap keren jika telah menggunakan perangkat yang satu ini. Saking populernya, Indonesia dianggap sebagai pengguna Blackberry terbanyak urutan ke-2 di dunia, lho. Sayangnya, perilisan dari perangkat iOS dan Android membuat BlackBerry mulai kehilangan popularitasnya.

gambar istimewa

Di era ini juga, kecepatan jaringan internet juga semakin tinggi saja. Para pengguna smartphone kini bisa menikmati internet yang lebih kencang pada jaringan 4G. Namun, penggunaan jaringan 4G hanya bisa diakses oleh smartphone yang mendukung saja. Tidak berhenti disitu saja, akhir era tahun 2010-an juga sudah banyak bermunculan perangkat yang mendukung jaringan 5G. Bisa jadi Anda salah satunya yang sudah bisa mengakses internet di jaringan 5G?

Selain mengalami peningkatan pada kualitas layar sentuh dan juga jaringan, smartphone terbaru akhir-akhir ini juga telah menawarkan banyak kelebihan di berbagai aspek lainnya. Mulai dari kapasitas baterai yang awet dengan teknologi fast charging, kapasitas RAM dan ROM yang besar, hingga prosesor yang sangat kencang.

Baca Juga :  4 Mitos yang Sering Jadi Rujukan dalam Memilih VGA Gaming

Itu tadi perkembangan sejarah gadget dari tahun ke tahun yang selalu mengalami peningkatan. Kira-kira beberapa tahun ke depan ada teknologi baru apa lagi, ya? Kita tunggu saja!

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here