Cokelat atau Coklat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao).

Channel E – Saat batuk, sebagian orang kerap mengandalkan bahan alami berupa madu dan lemon untuk meredakan keluhan batuk. Tapi, pakar menyebut cokelat pun tak kalah bermanfaat dalam meredakan batuk lho.

gambar istimewa

Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan. Para ahli mengungkapkan bahwa cokelat murni dapat menjadi pengobatan baru untuk meredakan batuk. Mau tau kenapa coklat bisa meredakan batuk? simak informasinya di bawah ya!

1Kakao memiliki senyawa theobromine yang lebih baik dibanding dengan senyawa dalam sirup obat batuk

gambar istimewa

Para ilmuan yang meneliti dari Imperial College London, menemukan bahwa dalam tanaman kakao yang digunakan sebagai bahan baku cokelat memiliki senyawa alkaloid yang disebut dengan theobromine. Senyawa ini lebih baik dalam meredakan batuk disbanding dengan kodein, yang merupakan senyawa dalam sirup obat batuk.

2Disarankan untuk memiliki sepotong cokelat dibanding dengan minuman cokelat hangat

gambar istimewa

Efek cokelat untuk meredakan batuk mungkin tidak akan terjadi jika kamu mengonsumsinya sebagai minuman cokelat hangat. Karena minuman cokelat hangat yang bersifat lebih cair daripada cokelat batang yang padat dan memiliki sifat lengket. Sehingga, lebih disarankan untuk kamu yang sedang sakit batuk untuk mengonsumsi sepotong cokelat.

3Mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan kesembuhan dan tidur lebih nyenyak dalam waktu dua hari

gambar istimewa

Pasien dengan penyakit batuk yang lebih memilih mengonsumsi obat dengan kandungan cokelat, ditemukan mengalami kesembuhan yang signifikan dan tidur lebih nyenyak dalam waktu dua hari, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi obat batuk standar. Karena memiliki sifat lengket, cokelat dapat lebih lama pada dinding saraf tenggorokan, hal ini yang juga menjadi alasan mengapa madu dan lemon juga dapat menyembuhkan batuk. Namun karena teksturnya yang lebih cair, membuat cokelat bekerja lebih efektif. Itu dia informasi mengenai coklat dapat meredakan batuk, jadi jangan takut makan coklat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here