Hukum Tidur Saat Khutbah

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh/halo sahabat kanal pedia islam kali ini kita akan membahas tentang hukum tidur saat khutbah.Apakah tertidur saat khutbah hukumnya bisa membatalkan wudhu.berikut ini mari kita simak penjelasannya.

gambar istimewa   

Asyur menegaskan, bahwa seorang Muslim seharusnya tidak dengan sengaja tidur selama khutbha Jumat. Dia harus mempertahankan dirinya agar tidak tertidur. Jika dia kalah dan tertidur, tidak ada dosa baginya untuk itu.

Kita sering lihat kelakuan sebagian jamaah shalat Jumat seperti itu. Ngantuk berat memaksa mereka tidur di tengah khutbah Jumat. Bagaimana pandangan fikih mengenai fenomena ini?

Yang jelas tidak boleh sengaja tidur di tengah-tengah khutbah Jumat. Yang diperintahkan ketika imam menyampaikan khutbah adalah diam. Sebagian ulama melarang untuk duduk sambil memeluk lutut saat Jumatan. Di antara alasannya karena dikhawatirkan akan tertidur, sehingga wudhunya batal lalu tidak sampai mendengar khutbah.

hukum khutbah

Gambar istimewa Berbeda-berbeda pendapat tentang tidur yang seperti apa dan bagaimana.Berikut ini batasan yang membatalkan tidur dan membatalkan wudhu?

Dari sahabat Sofwan bin ‘Assal radhiyallahu’anhu beliau menceritakan,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفَرًا أَنْ لا نَنْزِعَ خِفَافَنَا ثَلاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيهِنَّ إِلا مِنْ جَنَابَةٍ ، وَلَكِنْ مِنْ غَائِطٍ وَبَوْلٍ وَنَوْمٍ

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kami agar tidak melepaskan khuf (kaos kaki kulit) kami selama tiga hari tiga malam jika kami dalam bepergian kecuali dari janabat. Akan tetapi (kami tidak perlu mencopot khuf) dari buang air besar, kencing, dan tidur.” (HR. Tirmizi, dinilai hasan oleh Al-Albani)

Dalam fiqih mazhab Syafi’i, tidur yang tidak sampai membatalkan wudlu’ adalah tidur dengan posisi duduk disertai merekatkan pantat di lantai atau alas duduknya. Sehingga bila tidur tidak dilakukan dalam posisi tersebut, semisal duduk tengkurap, berdiri, tidur telentang, tidur miring atau posisi lainnya, maka dapat menyebabkan batalnya wudlu’.

Baca Juga :  NGAKU ISLAM TAPI PERCAYA HUKUM KARMA

 

Semoga artikel ini membantu para kaum adam dan tetap rutin menjalankan ibadah sholat Jum’at ya!!!

Baca juga Inilah Masjid-Masjid Terindah Diseluruh Dunia, Luar Biasa!!

Jangan lupa kunjungi youtube kami KanalPedia Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here