Hukum Karma

Assalamualaikum waraohmatullahi wabarokatuh, halo sahabat kanal pengetahuan islam kali ini kita akan membahas hukum karma dalam pandang islam ada beberapa poin yang kamu tangkap dari penjelasan mengenai apa itu hukum karma berdasarkan beberapa sumber.

Ringkasnya Karma adalah perbuatan baik/buruk akan dapatkan pembalasan baik/buruk di kehidupan sekarang atau kehidupan nanti setelah reinkarnasi.

Sedangkan dalam Islam mengenal konsep pahala dan dosa dimana perbuatan baik akan dapat pahala dan perbuatan buruk akan dapat dosa. Pahala dan dosa itu tak mesti diganjar di kehidupan dunia tapi pasti akan dapat ganjaran di kehidupan akhirat.

Ini suatu konsep yang sangat berbeda. Sehingga dalam konsep Islam, seorang koruptor yang hidup mewah bisa dijelaskan dengan konsep pahala dan dosa. Dia melakukan perbuatan buruk (korupsi) tapi meskipun dia hidup dalam kemewahan balasan korupsinya itu nanti di akhirat.

gambar istimewa

 

Dalam firman Allah swt,Surat An-Nahl ayat 61 menjelaskan:

وَلَوۡ يُؤَاخِذُ اللّٰهُ النَّاسَ بِظُلۡمِهِمۡ مَّا تَرَكَ عَلَيۡهَا مِنۡ دَآبَّةٍ وَّلٰـكِنۡ

Artinya:”Dan kalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ada yang ditinggalkan-Nya (di bumi) dari makhluk yang melata sekalipun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai waktu yang sudah ditentukan. Maka apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.

Allah swt juga berfirman:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.An-Nahl[16]: 97)

Baca Juga :  Pemikiran dan Kontribusi Al Farabi

Seperti halnya perbuatan maksiat akan mendatangkan pengaruh buruk dan efeknya bisa saja menyebabkan berbagai kerusakan. Setiap kali manusia melakukan dosa, Allah swt akan memberikan balasan kepada mereka.

Allah berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Ar-Rum [30]: 41)

Untuk itu, kita sebagai umat manusia harus berbuat baik dan menjauhi segala larangan serta menjalankan semua perintah dari Allah swt. Amalan-amalan perbuatan yang baik akan dibalas oleh Allah swt dengan segala sesuatu yang baik pula.

hukum karma
gambar istimewa

“Barang siapa yang mendatangi tukang ramal, maka shalatnya selama 40 hari tidak diterima.”

hukum karma
gambar istimewa

Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia?Sungguh dunia itu hina dan fana, sedangkan akhirat itu mulia dan kekal. Itulah keterangan pasti yang terdapat al-Qur’an dan sunnah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Alangkah beruntung orang yang mau mendengarkan nasehat-nasehat yang penuh makna dan mengena ini. Ia mendengarkannya dengan penuh konsentrasi, berusaha memahaminya, merenungkannya lalu berusaha merealisasikannya dengan perkataan dan perbuatannya.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Kanalpedia Islam

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here