Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh, Kolesterol berfungsi untuk membangun sel baru, menghasilkan hormon, serta menghasilkan asam empedu untuk mencerna lemak. Namun, di balik manfaatnya tersebut, kolesterol juga dapat merugikan jika kandungannya di dalam tubuh berlebihan.

Channel E – Biasanya, rempah diketahui akan kemampuannya dalam meningkatkan rasa makanan. Namun, siapa sangka, ternyata rempah-rempah yang kerap kita jadikan bumbu dalam berbagai masakan ternyata juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Beberapa jenis rempah-rempah ini, khususnya yang kerap ditemukan di dapur, ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Untuk membantu mencegah penyakit akibat gaya hidup seperti masalah jantung dan diabetes, rempah-rempah berikut banyak digunakan untuk pengobatan tradisional

1. Kayu manis

gambar istimewa

Kayu manis terkenal karena kemampuannya membantu menurunkan gula darah. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care yang melibatkan 60 peserta laki-laki dan perempuan dengan diabetes tipe 2, didapatkan hasil bahwa konsumsi setengah sendok teh kayu manis setiap hari selama 40 hari berhasil menurunkan gula darah, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total.

2. Kunyit

gambar istimewa

Kunyit memiliki banyak kandungan antioksidan yang tidak mudah hancur ketika dimasak. Selain itu, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Satu studi dalam Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa asupan 2,4 gram kunyit selama empat minggu menghasilkan penurunan kolesterol LDL dan protein C-reaktif sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Jahe

gambar istimewa
Jahe terkenal akan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya. Biasanya, jahe dikonsumsi sebagai teh untuk mengatasi mual. Namun, penelitian dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan bahwa jahe juga dapat mengatasi penyakit kardiovaskular. Dalam studi tersebut, diketahui bahwa jahe mencapai hasil yang baik bila digunakan dalam jumlah 2 gram, yang bisa membantu penurunan rata-rata trigliserida 38 poin dan penurunan total kolesterol 12 poin.

5. Daun Salam

gambar istimewa
Daun salam yang digunakan sebagai bumbu dapur agar makanan wangi ini ternyata juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Selain untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dipercaya mampu mengatasi penyakit asam urat. Kandungan flavonoid dan antioksidan yang terkandung pada daun salam mampu membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here