Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo sahabat Kanal Pedia Islam pada kali ini, kita akan membahas mengenai sahabat Nabi Muhammad Saw, rahasia apa yang bisa membuat dia kaya namun setelah kaya ia justru takut. inilah kisahnya Abdurrahman bin Auf.

PENJELASAN MENGENAI KISAH ABDURRAHMAN BIN AUF

gambar istimewa

Abdurrahman bin Auf termasuk kedalam yang orang pertama yang masuk Islam dan juga dijamin untuk masuk surga. ia juga seorang pedagang yang sukses, kerja kerasnya dalam berdagang membuat Abdurrahman menjadi punggung berat dengan harga yang berlimpah dimasa kenabian.
Kala itu, ia dekat dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq saat Abu Bakar memeluk Islam Qulafaur Rasyidin itu memperkenalkan Islam kepada Abdurrahman, Utsman bin Affan,Zubaid bin Alwan, Tolhan bin Ubaidillah dan Sa’at bin Abi Wakas.
tanpa keraguan, mereka langsung menghadap Rasulullah dan menyatakan keimanannya, sejak saat itu juga Abdurrahman selalu setia di sisi Rasulullah.
Jika ia sedang tidak solat dimasjid dan berjihad Abdurrahman selalu mengisi waktunya dengan berdagang dan adapun rahasia kesuksesannya itu adalah selalu menghindari yang haram, berjihad atau yang tidak jelas kehalalan dan keharamannya. Ia juga selalu membagikan hartanya dengan keluarga atau saudara. Abdurrahman juga semakin giat bersedekah sejak mendapat nasihat dari Rasulullah.

bersedekah
bersedekah

“Wahai ibu Auf, sesungguhnya engkau adalah kelompok orang orang kaya, dan engkau akan masuk surga dengan merangkak”
Karena itu juga, Abdurrahman pun menjual tanah seharga seribu dinar dan membagikan seluruh dinar itu kepada keluarganya, yaitu Bani Zuhra, Istri istri Nabi dan warga yang miskin.
Dia juga pernah memberikan lima ratus kuda untuk pasukan muslimin yang akan berperang dan juga menyumbangkan seribu lima ratus unta.
Kekayaannya itu tidak membuat Abdurrahman kufmur melainkan tetap hidup dengan dermawan tak hanya harta, ia bahkan rela mempertaruhkan nyawanya dalam peperangan.

ABDURRAHMAN BIN AUF
perang uhud

Contohnya dalam perang uhud, Abdurrahman mendapatkan dua puluh luka yang salah satunya membuat kakinya cacat permanen dia bahkan sulit bicara karena giginya yang patah dalam perang uhud. Abdurrahman bin Auf juga sempet menolak untuk menjadi Khalifah atau pemimpin umat islam sepeninggal Umar bin Khattab. Saat itu enam orang sahabat sedang berunding menyatukan harta baru semua sepakat menunjuk Abdurrahman, tapi ia menolak. Dan meminta Usman bin Affan untuk menjadk Qulafaur rasyidin.
Sesaat sebelum meninggal dunia bahkan Abdurrahman takut jika hartanya menjadi penghalang untuk masuk surga.
“sungguh aku takut jika aku tidak bisa bertemu dengan para sahabatku, karena dengan banyaknya harta yang kumiliki” kata abdurrahman
Abdurrahman bin Auf sahabat nabi yang paling kaya dan dijamin masuk surga itu mewasiatkan lima ratus ribu dinar untuk perjuangan dijalan Allah Swt, dan empat ratus dinar untuk setiap orang yang terlibat dalam perang badar.

 

BACA JUGA  Kisah Iblis Bertemu dan Berbicara Dengan Semua Nabi`

Nah untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalPedia Islam”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!