Channel E – Daun sirih sangat mudah didapatkan di sekeliling kita. Meski kebanyakan daun sirih berwarna hijau, namun ada pula daun sirih yang berwarna kemerahan, kekuningan, atau bahkan abu-abu. Khasiat daun sirih untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara. Mulai dari menggulung daunnya untuk pengobatan pendarahan hidung atau mimisan, merebusnya untuk menghasilkan rebusan daun sirih, atau menggunakannya dalam bentuk minyak atsiri.

1Mencegah diabetes

gambar istimewa

Berbagai obat anti-diabetes memiliki efek samping terhadap hati dan ginjal ketika dikonsumsi dalam jangka panjang. Daun sirih bisa menjadi alternatif untuk mencegah dan membantu pengobatan penyakit ini. Menurut Medindia, penelitian menemukan bahwa daun sirih yang dikeringkan dan dijadikan bubuk memiliki kemampuan untuk menurunkan level gula darah pada individu yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 dan jenis.

2Mengatasi mimisan

gambar istimewa

Salah satu manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah untuk menghentikan pendarahan. Salah satunya adalah untuk mengatasi kasus pendarahan hidung atau mimisan. Untuk mengobati mimisan, ambil selembar daun sirih. Kemudian, gulung daun sambil ditekan-tekan agar minyaknya keluar. Gunakan gulungan daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung yang mimisan.

3Mempercepat penyembuhan luka

gambar istimewa

Stres oksidatif yang tinggi, seperti radikal bebas, dapat menghambat penyembuhan luka. Penyembuhan luka yang tertunda adalah salah satu komplikasi kritis yang terlihat pada diabetes tipe 1. Menurut Stylecraze, ekstrak daun sirih mungkin dapat membantu kasus sensitif seperti itu. Sebab, daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan akan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh, seperti superoksida dismutase dan katalase.

4Meredakan batuk

gambar istimewa

Rebusan daun sirih yang dioleskan di dada diyakini dapat membantu mengatasi sesak yang terjadi di paru-paru. Rasanya yang hangat dan pedas juga diyakini mampu mengatasi batuk berdahak ketika dikonsumsi bersama madu. Untuk membantu mengobati batuk, siapkan empat lembar daun sirih, kemudian rebus bersama dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur. Ulangi hingga batuk sembuh. Cara lainnya adalah mengiris empat lembar daun sirih, kemudian rebus bersama tiga lembar daun widoro upas dan dua gelas air. Biarkan mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Baca Juga :  Kuliner Pasar Atom Surabaya yang Nagih Ada yang Non Halal

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here