Channel E – Panas dalam bukanlah istilah penyakit yang dikenal resmi dalam dunia medis. Istilah ini pada awalnya berasal dari filosofi pengobatan Tiongkok untuk menggambarkan masalah kesehatan yang disebabkan makanan dan minuman tertentu yang bersifat panas.Terlalu banyak atau sering mengonsumsi makanan dan minuman bersifat panas dianggap dapat memunculkan  sensasi panas di dalam tubuh, yang sering disebut sebagai panas dalam. Berikut beberapa tips meredakan panas dalam secara alami!

1Banyak minum air putih

gambar istimewa

Karena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan Anda cukup minum air putih. Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak sepuluh gelas air dalam sehari.

2Makan sayur dan buah

gambar istimewa

Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Pilih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam. Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.

3Berkumur dengan air garam

gambar istimewa

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dapat membantu meredakan gejala panas dalam. Campuran ini bisa dibuat dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, berkumurlah sambil mendongak selama 20-30 detik lalu buang airnya.

4Menggunakan obat herbal

gambar istimewa

Beberapa obat herbal dikenal bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan umumnya telah dikemas dalam bentuk permen atau jamu. Namun, penelitian medis masih sangat terbatas untuk menjelaskan kerja dari obat-obatan herbal. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal/alternatif. Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Anda bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.

Baca Juga :  Supaya Rambut Tidak Rusak, Ini Tips Bleaching yang Bisa Kamu Lakukan

Itu dia beberapa tips untuk meredakan panas dalam secara alami

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here