Maag atau istilah medisnya disebut dengan dispepsia adalah rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung yang disebabkan oleh sejumlah kondisi.

Channel E – Sakit maag sering dialami oleh orang yang hobi menunda waktu makannya. Akibatnya, perut biasanya akan terasa sakit akibat asam lambung yang naik. Maag bukanlah penyakit khusus, melainkan kumpulan gejala yang menandai suatu penyakit.

Demi mencegah kambuh, orang dengan maag dituntut untuk tidak sembarangan memilih makanan dan minuman. Selain itu, ada beberapa pantangan yang juga perlu dihindari untuk mencegah asam lambung semakin parah. Berikut ini beberapa pantangan maag yang harus dihindari oleh orang yang sakit maag, antara lain;

1.  Makan makanan pedas

gambar istimewa

Makanan pedas memang bisa meningkatkan cita rasa yang menggugah selera. Sayangnya, kebanyakan orang yang menikmati makanan ini sering kali merasakan perut mulas. Cabai yang membuat makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu komponen kimia yang diketahui bisa merangsang munculnya masalah pencernaan. Itulah sebabnya, makanan pedas menjadi pantangan bagi orang yang sakit maag.

2. Makan makanan tinggi lemak

gambar istimewa

Konsumsi daging berlemak atau makanan yang digoreng, juga bisa memicu gejala maag, Oleh karena itu, makanan ini menjadi pantangan bagi orang yang sakit maag atau penyakit lain yang menyerang saluran pencernaan.

Alasannya, makanan berlemak lebih lama dicerna sehingga memungkinkan asam diproduksi lebih banyak. Asam lambung yang berlebihan ini nantinya akan mengiritasi lambung dan menimbulkan gejala maag.

3. Merokok

gambar istimewa

Selain makanan, merokok juga menjadi pantangan bagi orang yang punya penyakit maag. Pasalnya, asap rokok mengandung berbagai zat peradangan yang bisa mengiritasi lambung. Akibatnya, gejala maag akan muncul, paling sering adalah heartburn (rasa panas atau nyeri di dada hingga tenggorokan).

Baca Juga :  5 Tips Donor Darah yang Wajib Dipraktikkan

Meski tidak merokok, gejala dapat muncul jika Anda berada di sekitar perokok. Ini karena Anda ikut menghirup asap hasil pembakaran rokok. Di samping berhenti merokok, Anda juga perlu menghindari asap rokok di sekitar.

4. Banyak minum kopi

gambar istimewa

Minum kopi rupanya menjadi rutinitas harian bagi beberapa orang, terutama di siang hari. Minuman ini memang bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga konsentrasi tetap terjaga.

Sayangnya, pada orang yang memiliki gerd salah satu penyakit yang menimbulkan gejala maag, kopi bisa memicu gejala sehingga menjadi pantangan. Jika Anda mengalami maag setelah minum kopi, sebaiknya batasi atau hindari kebiasaan ini.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here