Channel E – Kencur adalah tanaman herbal yang tumbuh subur di wilayah Asia seperti Cina, Myanmar, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kencur dikenal sebagai bumbu masakan populer di Asia. Di beberapa daerah tanaman ini disebut cikur, ceku, cekor, tekur, suha, bataka.

Kencur hampir mirip seperti Jahe, Lengkuas, dan Kunyit. Beberapa tanaman ini memiliki kandungan senyawa seperti minyak Atsiri, Flavanoid, Saponin, Polifeno. Kencur dipercaya dapat menyembuhkan penyakit Muak, Batuk, Pembengkakan, sampai penawar racun.

Selain akarnya, daun kencur biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan dan urap. Sementara bagian rimpang bisa digunakan sebagai kosmetik.

 Anti toksin

Antitoksin dalam kecur untuk mengobati keracunan Minyak kelapa dan kencur

Kencur mengandung minyak kelapa untuk meredakan kaki yang keseleo

 Meningkatkan energi

Kencur dapat meningkatkan energi. Caranya rebus 2cm kencur, kayu manis, dan jahe. Minuman hangat ini dianjurkan diminum sebelum tidur. Kencur dibuat jamu

Beras kencur meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah masuk angin

Menurunkan kolesterol jahat

Kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu bekerja menyerap nutrisi, termasuk menghilangkan racun dan kolesterol jahat.

Meningkatkan nafsu makan

Kencur dapat meningkatkan nafsu makan karena sifat karminatif. Beberapa suplemen makanan untuk anak juga ada tambahan kecur. Kencur bisa menjadi bumbu penyedap dan baik dikonsumsi untuk anak-anak.

Obat herbal batuk

Kencur, jahe, kunyit, lengkuas bisa dipakai sebagai obat herbal ketika batuk.

Caranya: Cuci sampai bersih kencur kemudian kupas dan parut. Serpihan tipis kencur dimasukan dalam kain dan diperas menjadi air. Tambahkan jeruk nipis dan madu secukupnya, kemudian minum obat herbal ini sehari tiga kali sampai batuk mereda.

Sumber antioksidan

Antioksidan dalam kencur bisa mengurangi radikal bebas dan virus. Kencur dan empon-empon bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Cara Mencerahkan Bibir Hitam Secara Alami

Mencegah kanker

Kencur memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit serius. Termasuk kanker.

Mengurangi Kembung

Kencur bisa mengurangi kembung. Caranya: Cuci kencur sampai bersih, tambahkan garam secukupnya. Bersihkan lagi kemudian rebus di air hangat.

Cara lain adalah rebus 3cm kencur dengan gelas air hangat. Tunggu sampai kencur meresap kedalam air. Kemudian minum larutan ini dua kali sehari untuk mencegah kembung.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here