Channel EMungkin kamu belum tahu jika Provinsi Banten menyimpan banyak lokasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Ibu Kota, tentunya ini akan memudahkan kamu yang ingin liburan singkat yang jauh dari bisingnya kendaraan.

Selain itu, beragamnya alat transportasi akan memudahkan kamu untuk mengakses lokasi wisata yang dituju. Untuk kamu yang nggak sabar ingin liburan, inilah lokasi wisata alam untuk kamu yang ingin berkunjung ke Banten.

 

1. Curug Cikotak

gambar istimewa

Dengan ketinggian kurang lebih dari 40 meter, Curug Cikotak akan sangat indah dikunjungi pada musim pancaroba. Karena lokasinya yang masih alami dan banyak pepohonan, tidak jarang pengunjung bisa mendengar kicauan burung sambil menghirup udara yang sejuk.

Curug Cikotak berlokasi kurang lebih 1 kilometer dari Alun-alun kota Serang, yang bisa memakan waktu sekitar 20 menit menggunakan sepeda motor atau mobil. Setelahnya, pengunjung perlu berjalan kaki sampai ke curug, di sepanjang jalan, telah disediakan bangku untuk kamu yang kelelahan agar dapat beristirahat sejenak.

2. Pantai Sawarna

gambar istimewa

Terletak di Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten, Pantai Sawarna merupakan salah satu pantai yang sedang naik daun. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagi pemandangan menarik seperti pegunungan, goa-goa, sungai dan pantai dengan pasir putihnya. Laut Sawarna berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, jadi ombaknya sangat cocok untuk kamu yang ingin berselancar.

3. Curug Ciporolak

gambar istimewa

Curug Cipolarak berada di area hutan nasional, menjadikannya masih sangat asri. Dikelilingi pohon-pohon tinggi, pengunjung akan diterpa hawa sejuk dan bau hutan yang masih alami.

Terletak di Cibeber Lebak Banten, Ciporolak artinya berjatuhan atau reruntuhan. Dinamakan Curug Ciporolak, karena airnya sering membawa bebatuan kecil sehingga menghasilkan bunyi gemlotak.

Baca Juga :  Tempat Wisata Di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi

Untuk mengunjungi Curug Ciporolak pengunjung dapat menggunakan motor atau mobil. Pihak pengelola telah menyediakan area parkir, tempat salat dan kamar mandi umum.

4. Pulau Sangiang

gambar istimewa

Cukup menempuh perjalanan selama 45 menit menggunakan kapal pesiar dari Pantai Anyer, pengunjung sudah tiba di Pulau Sangiang, Selat Sunda. Pantai Sangiang pada awalnya merupakan wilayah cagar alam yang dialihkan menjadi taman wisata alam.

Lelah pengunjung selama perjalanan, akan terbayarkan dengan pemandangan yang asri dan angin sepoi-sepoi.

Di sini, kamu bebas melakukan snorkeling, camping dan berkunjung ke bangunan bekas peninggalan Jepang. Jika beruntung, kamu dapat menyaksikan sekelompok hiu yang sedang memakan kelelawar dari bibir pantai.

5. Curug Putri Carita

gambar istimewa

Mendapat julukan The Little Green Canyon dari Banten, Curug Putri Carita memiliki pesona yang menakjubkan. Curug ini memiliki aliran sungai dan air terjun yang asri. Selama berada di curug, gunakanlah pakaian yang nyaman dan sandal anti slip karena jalanan yang masih dipenuhi oleh bebatuan.

Aliran air di Curug Putri Carita diapit oleh dua bebatuan tinggi, semakin dekat dengan air terjun maka bebatuannya akan semakin sempit, hal inilah yang membuatnya dijuluki The Little Green Canyon.

6. Pulau Peucang

gambar istimewa

Pulau Peucang berada di Selat Panaitan, Banten, yang biasa dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Dengan hamparan pasir putih yang luas, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang cantik.

Pengunjung dapat dengan bebas untuk berenang, snorkeling hingga menaiki kapal untuk menelusuri pulau. Selain wisata air, kamu juga bisa masuk ke dalam hutan untuk melihat merak, rusa dan babi hutan. Terdapat pula situs sejarah peninggalan Belanda berupa menara mercusuar dan dermaga.

7. Curug Cihear

gambar istimewa

Berwisata ke curug paling cocok saat musim kemarau. Air akan jernih dan pengunjung bisa berenang di bawah air terjun. Curug Cihear berada di Kawasan Gunung Halimun Salak, untuk itu pengunjung perlu berjalan dari area parkir untuk sampai di curug.

Baca Juga :  5 Kota Terdingin di Indonesia

Karena minimnya informasi dan lokasinya di pedalaman, Curug Cihear masih minim pengunjung. Tidak jauh dari Curug Cihear, terdapat Sungai Ciberang yang biasa digunakan untuk arung jeram. Para penduduk juga ramah dengan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

 

Itulah beberapa destinasi wisata alam di Banten yang masih jarang terjamah manusia. Dengan wilayahnya yang masih asri, dijamin akan membuat liburan singkat kamu terasa menyenangkan. Gimana, makin pengen liburan, kan?

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here