Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh/halo sahabat kanal pengetahuan islam kali ini kita akan membahas al jazari ahli robot muslim pertama di dunia.

Al-Jazari dikenal sebagai orang ahli di bidang mekanik hingga banyak menciptakan robot humanoid. Ketekunan dan kecerdasannya inilah yang membuat Al-Jazari mendapat gelar Bapak Robotika (The Father of Robotic) karena dasar-dasar teknik robotika yang dirancangnya menginspirasi para ilmuwan modern lainnya.

Mengenal Sejarah Robotika

gambar istimewa

Al-Jazari dikenal sebagai orang ahli di bidang mekanik hingga banyak menciptakan robot humanoid.Ketekunan dan kecerdasannya inilah yang membuat Al-Jazari mendapat gelar Bapak Robotika (The Father of Robotic) karena dasar-dasar teknik robotika yang dirancangnya menginspirasi para ilmuwan modern lainnya.

Al-Jazari mulai merancang mesin robot pada abad ke-12. Donald Routledge dalam Studies in Medieval Islamic Technology yang dilansir dari detikNews, menyebutkan tidak ada satupun dari suatu kebudayaan yang dapat mengimbangi kelengkapan ilmu rancang bangun dan mesin-mesin dari Al-Jazari hingga saat ini.

Sebagai informasi, replika jam gajah karya Al-Jazari dibuat kembali oleh London Science Museum sebagai bentuk apresiasi untuknya.Terkait robot humanoid, melansir dari buku 30-Second AI and Robotics 50 Key Notions, Fields, and Events in the Rise of Intelligent Machines, Each Explained in Half a Minute oleh Luis de Miranda, robot humanoid pertama kali diciptakan oleh Al-Jazari sejak abad ke-13.

Al-Jazari pun mewariskan karya yang sangat berharga bagi masyarakat Baghdad melalui penciptaan mesin kincir airnya. Penemuan ini tentu menginspirasi teknologi berprinsip hidrolik di berbagai negara.

Kehebatan lain dari Al-Jazari, selain mampu menemukan prinsip-prinsip teknik robotika, ia juga mampu menuliskan pemikirannya tersebut ke dalam sebuah karya yang berjudul “Al-Jami’ Bain al-‘Ilm wa al-‘Aml al-Nafi’ fi Shinat’at al-Hiyal” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices).

Baca Juga :  Negara Islam Syi'ah Terbesar Setelah Iran, Negara Azerbaijan

Dalam buku ini, Al-Jazari menjelaskan lebih dari 100 penemuannya, termasuk penemuan robot band musik dan 4 robot pramusaji di atas perahu yang melayani minuman secara otomatis.

 

Nah untuk info selanjutnya? Yuk langsung aja mampir ke youtubenya “KanalPedia Islam”

Baca juga KISAH MALAIKAT IZRAIL MENANGIS, TERTAWA DAN KAGET SAAT MENCABUT NYAWA MANUSIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here