Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh/halo sahabat kanal pengetahuan islam kali ini kIta akan membahas terciptanya wastafel modern al jazari ilmuan muslim.

SEJARAH WASTAFEL

Pada abad ke-12 Masehi, al-Jazari berjasa besar menciptakan alat dan wadah pencuci tangan, yang di zaman modern dikenal dengan wastafel. Alat ini terbilang cukup canggih pada masanya karena sudah menggunakan sejumlah instrumen mekanis ataupun prinsip hidrolis.

Al Jazari

Kepakaran al-Jazari tidak diragukan lagi. Ia adalah insinyur dan ilmuwan terbesar di bidang teknik dan mekanik yang dimiliki umat Muslim. Tokoh ini bernama lengkap Badi al-Zaman Abu al-‘Izz bin Isma’il bin al-Razzaz al-Jazari. Ia dilahirkan di al-Jazira yang terletak di antara sisi utara Irak dan timur laut Suriah.

Reputasinya terentang di  seantero dunia Islam dan Barat. Al-Jazari pun mendapat julukan sebagai bapak teknik. Temuan-temuannya memberikan pengaruh luar biasa terhadap rancang bangun permesinan modern. Tidak kurang dari 50 peralatan hasil ciptaannya mewarnai perkembangan dunia teknik dan mesin hingga kini.

Alat untuk mencuci tangan yang dirancang al-Jazari membantu melestarikan kebiasaan baik umat yang telah lama ada. Yaitu, kebiasaan mereka mencuci tangan untuk kebersihan. Alat tersebut juga digunakan untuk berwudlu. Ini mendahului kebiasaan yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Peralatan ini merupakan hasil pemikiran yang jenius.Seperti wastafel modern, alat cuci tangan buatan al-Jazari memiliki prinsip kerja serupa.Salah satu kontribusinya bagi teknologi modern, yakni flush atau keran pembersih untuk keperluan membasuh tangan. Inilah bagian terpenting dari karya itu. Al-Jazari diketahui memakai teknik seperti yang ia gunakan dalam menghasilkan kreasi lainnya, seperti  air mancur ataupun jam air.

Salah satu kontribusinya bagi teknologi modern, yakni flush atau keran pembersih untuk keperluan membasuh tangan. Inilah bagian terpenting dari karya itu. Al-Jazari diketahui memakai teknik seperti yang ia gunakan dalam menghasilkan kreasi lainnya, seperti  air mancur ataupun jam air.

 

Baca Juga :  MASJID AL IRSYAD

Baca juga TRADISI UNIK IDUL FITRI DI NEGARA MINORITAS ISLAM

Nah untuk info selanjutnya? Yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalPedia Islam”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here