Saffron atau bunga saffron adalah rempah-rempah yang berasal dari bunga Crovus sativus atau bunga pacar. Rempah-rempah ini beberapa tahun terakhir sedang naik daun dan harganya pun meroket tinggi.

Channel E – Manfaat bunga safron tidak muncul begitu saja, manfaat yang dikeluarkan karena bunga tersebut memiliki beberapa kandungan gizi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah. Melansir laman halosehat.com, bunga safron memiliki beberapa kandungan seperti; protein, lemak, serat, energi, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin C. Kandungan tersebut membuat safron memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini daftar manfaat safron bagi kesehatan tubuh.

1 Mencegah penyakit kanker

gambar istimewa

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menimpa siapa saja. Bahaya penyakit yang satu ini bisa sampai menyebabkan kematian. Penyebab dari penyakit ini pun sangat banyak dan beragam. Melihat bahaya dari penyakit ini, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencegah kanker, salah satunya dengan mengonsumsi safron.

2Mengurangi nyeri haid

gambar istimewa

Banyak perempuan yang terkadang mengeluhkan nyeri pada bagian perut saat sedang datang bulan. Untuk mengatasi gangguan tersebut, ada beberapa rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya safron. Selain bisa mengurangi nyeri pada haid, manfaat safron lainnya yakni bisa menjaga perubahan emosional pada perempuan yang sedang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).

3Mengurangi stres dan depresi

gambar istimewa

Manfaat lainnya dari safron untuk kesehatan yakni bisa mengurangi stres dan depresi. Biasanya safron dikonsumsi dalam bentuk suplement untuk pengobatan stres dan depresi ringan sampai sedang. Karena berasal dari bahan alami, sehingga efek sampingnya pun cenderung sedikit.

4Membantu pengobatan penyakit diabetes

gambar istimewa

Pada penelitian awal yang melibatkan sampel tikus uji coba, saffron dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Namun, tentu saja hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk membuktikan manfaat saffron dalam membantu pengobatan pasien diabetes. Berdasarkan berbagai penelitian, konsumsi saffron sebanyak 30 mg per hari sudah cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan. Selain dalam bentuk kapsul, saffron juga bisa dikonsumsi dengan cara diseduh. Dianjurkan untuk membeli saffron dari produsen atau penjual dengan reputasi yang baik agar keasliannya terjamin, dan sebaiknya pilih produk yang sudah memiliki izin dari BPOM.

Baca Juga :  5 Kesalahan yang Bikin Skincare Nggak Bekerja Maksimal

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here