Channel EMengecat rambut di rumah menjadi salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan selama masa pandemi ini. Selain menambah skill baru, rambut juga akan terlihat lebih bergaya. Berbagai brand kini mengeluarkan cat rambut dengan warna-warna yang menggiurkan, namun warna tersebut tidak akan sukses keluar apabila rambutmu berwarna gelap. Solusinya adalah dengan melakukan bleaching.

Tapi, bleaching sendiri sering kali menimbulkan dilema. Warna rambut baru akan lebih masuk, hanya saja bleaching dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Cairan bleaching yang memiliki kandungan kimia yang kuat dapat membuat rambut kering, patah-patah atau rontok secara berkelanjutan.

Berhubung saya adalah salah satu orang yang mencoba mengecat rambut di rumah sendiri, kali ini saya ingin memberikan tips agar rambut tidak mudah rusak saat di bleaching. Penasaran dengan tips bleaching rambut yang saya akan berikan? Baca artikel ini sampai habis ya!

 

1Cek Kondisi Rambut Terlebih Dahulu

gambar istimewa

Buat kamu yang baru pertama kali melakukan bleaching di rumah, kamu wajib banget melakukan pengecekan pada kondisi rambut terlebih dahulu. Mengecek kondisi rambut ini dilakukan agar kamu tahu apakah rambutmu bisa menerima bahan-bahan kimia yang ada dalam cairan bleaching. Apabila rambutmu kering, sebaiknya tunda dulu melakukan bleaching karena akan membuat rambut mudah patah dan juga rontok.

2Jangan Keramas Sebelum Proses Bleaching

gambar istimewa

Ada baiknya kamu menunda keramas apabila sudah meniatkan diri untuk melakukan bleach. Ternyata minyak alami yang keluar akibat menunda keramas dapat melindungi kulit kepala saat proses bleach. Sangat di sarankan untuk tidak keramas selama 2 – 3 hari apabila kamu ingin melakukan bleaching rambut.

4Menyiapkan Bleach Lebih dari yang Dibutuhkan

gambar istimewa

Karena kita melakukan bleaching di rumah, kamu harus mempersiapkan bleach lebih dari yang kamu butuhkan. Risikonya saat kamu kekurangan bleach rambut akan terlihat patchy dan warnanya tidak merata. Oleh karena itu, kamu wajib banget untuk menyiapkan bleach ekstra agar hal ini tidak terjadi pada kamu nih! Selain bleach, cat rambut juga lebih baik disiapkan lebih banyak apabila dibutuhkan.

5Jangan Mendiamkan Bleach Terlalu Lama Pada Rambut

gambar istimewa

Idealnya, bleach dibiarkan pada rambut sekitar 30 menit karena lebih dari itu akan memicu kerusakan pada rambut. Untuk proteksi rambut yang lebih ekstra, kamu bisa menggunakan vitamin rambut atau conditioner di dalam campuran bleach yang kamu gunakan.

6Membilas Rambut dengan Air Dingin

gambar istimewa

Membilas rambut yang di-bleach dengan air hangat ternyata tidak disarankan lho. Walaupun mungkin keramas dengan air hangat terasa nyaman, namun ternyata apabila sehabis melakukan proses bleach kita membilas rambut dengan air hangat akan menimbulkan warna bleach mudah berubah. Selain mudah berubah, membilas bleach dengan air hangat akan membuat rambut lebih kering. Disarankan sekali untuk membilas rambut menggunakan air dingin.

Itu tadi adalah 6 tips yang bisa kamu terapkan kalau memiliki rencana untuk mengecat rambut sendiri di rumah selama masa pandemi ini. Selain itu, kamu juga bisa menonton tutorial bleaching rambut yang dilakukan para hair expert di YouTube. Berani bleach rambut sendiri di rumah?

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here