Channel E – Bunga Mawar merupakan bunga yang indah dan memiliki bau yang harum. Bunga ini sering digunakan dalam momen-momen spesial, misalnya seperti tanda ungkapan cinta, untuk hadiah valentine, wisuda, anniversary dan lain-lain. Sebelum membelinya, pastikan kamu telah mengetahui deskripsi tentang bunga mawar karena setiap jenisnya memiliki karakteristik masing-masing. Dikutip dari buku berjudul Mawar karya Lanny Lingga (2008:5), bunga mawar tidak hanya digunakan untuk acara-acara tertentu saja. Mawar juga digunakan sebagai bahan utama pembuatan minyak atsiri dan parfum. Maka tidak heran jika tanaman yang satu ini dinilai memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Banyak orang menyukai bunga mawar tanpa pernah mengerti fakta-fakta di balik bunga berkelopak indah ini. Mawar sendiri selalu diidentikkan dengan perlambang cinta. Helai kelopaknya yang bertingkat indah, dan warna-warnanya yang cenderung berpigmen kuat, biasa digunakan banyak orang untuk menyatakan cinta. Padahal mawar, lebih dari sebuah perlambang kasih sayang. Ada banyak fakta menarik di balik bunga yang memiliiki lebih dari 100 spesies ini.

1. Bunga Tertua Yang Dikenal Manusia

Tercatat dalam tulisan sejarah, mawar sudah ada dan sudah dikenal manusia sejak zaman purba.   Catatan sejarah ini bermula dari penemuan fosil bunga mawar yang berasal dari masa 35 juta tahun yang lalu. Salah satu bukti yang mencengangkan lainnya adalah ditemukannya tanaman mawar yang sudah berusia 100 tahun di Katedral Hildesheim di Jerman. Dari dua bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa tanaman mawar adalah tanaman dari zaman kuno yang juga bisa bertahan ratusan tahun di bawah serbuan beragam cuaca.

2. Mawar Bisa Dimakan

Mawar ternyata tak hanya enak dipandang saja, namun juga enak untuk disantap.  Kelopak bunga mawar aman untuk dikonsumsi, begitu juga air rendaman kelopaknya yang kerap disebut rose water. Air ini selain bisa digunakan untuk menyegarkan kulit, juga bisa digunakan sebagai tambahan aroma dan rasa pada olahan puding dan jelly.   Dalam sebuah studi, terbukti bahwa kelopak-kelopak mawar mengandung vitamin C dalam jumlah cukup tinggi.

Baca Juga :  Fakta Menarik Ikan Blobfish, Hewan Berwajah Alien

3. Masing-Masing Warna Kelopak Memiliki Arti Sendiri-Sendir

Berada ribuan tahun di tengah-tengah manusia, spesies mawar pun menjadi akrab di mata masyarakat.  Oleh banyak ilmuwan dan pakar kecantikan, spesies mawar yang membawa pigmen masing-masing pun diberi makna yang berbeda-beda. Jika mawar klasik yang berwarna merah mengandung makna cinta, maka mawar yang berpigmen pink lembut membawa makna elegan dan rasa syukur. Sedangkan mawar berwarna kuning melambangkan keceriaan dan persahabatan, dan mawar putih melambangkan simpati. Itu sebabnya, di acara pemakaman-pekamanan, akan selalu ada sudut-sudut ruang yang berhiaskan beratus kelopak mawar putih.

5. Termasuk Tanaman Yang Bisa Tumbuh Sangat Tinggi

Mawar adalah tanaman yang bisa menjulur sangat tinggi. Tanaman mawar tertinggi di dunia ada di Morristown, New Jersey, dengan tinggi sekitar 18 kaki. Sedangkan buket mawar terbesar yang pernah tercatat memiliki 156.940 kuntum mawar dari beragam pigmen warna.

4. Bunga Kebangsaan Amerika

Dilansir dari Good Houskeeping, Amerika memilih mawar sebagai bunga nasional atau bunga kebangsaan mereka. Dan 4 negara bagian di Amerika Serikat, juga telah menetapkan mawar sebagai bunga resmi mereka. Yaitu Iowa, New York, Georgia dan North Dakota.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here