Channel E – Pisang menjadi salah satu buah yang nikmat, baik disantap langsung maupun dijadikan berbagai kuliner. Berbeda dengan pisang batu, jenis pisang ini cenderung hanya digunakan sebagai rempah dalam beberapa kuliner seperti rujak cingur.

Cita rasanya yang cenderung pahit membuat pisang batu tak bisa dikonsumsi layaknya pisang lainnya. Meski begitu, pisang ini punya banyak manfaat lho! Seperti mengobati lima penyakit berikut ini.

Pisang batu dapat meredakan demam

Kondisi tubuh di atas batas normal membuat seseorang lemah. Pisang batu bisa menjadi alternatif obat alami yang bisa meredakan demam. Caranya, rebus pisang batu yang sudah diiris tebal dengan 500 liter air hingga mendidih. Ambil sarinya dengan cara disaring, dan minum tiga kali sehari. Rasanya memang pekat, namun ramuan ini terbukti ampuh meredakan demam.

Pisang batu dapat menjadi obat maag

Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik. Buat kamu yang punya alergi terhadap obat maag, kamu bisa mengonsumsi pisang batu. Agar tidak terlalu pait, rebus pisang batu hingga lunak. Pastikan benar-benar lunak hingga bisa dikonsumsi. Agar tak terlalu pahit, konsumsi bersama madu.

Pisang batu dapat mengatasi wasir

Wasir hampir dialami oleh setiap orang yang seringkali mengalami susah buang air besar. Peradangan di dubur ini seringkali mengalami rasa tak nyaman bagi penderitanya. Siapkan satu buah pisang batu dan daun jambu muda secukupnya. Haluskan daun jambu. Sementara itu, rebus pisang batu hingga airnya berwarna kekuningan. Campurkan daun jambu yang sudah dihaluskan dengan sari pisang batu.Pisang batu dapat mengatasi diare

Sebaliknya, bagi kamu yang punya masalah diare, kmu menggunakan pisang batu sebagai obat diare alami. Caranya cukup mudah, iris pisang batu yang masih berwarna hijau ataupun yang berwarna kekuningan. Hancurkan menggunakan blender hingga halus. Peras hingga mengental dengan menggunakan saringan agar jernih. Minum ramuan ini sehari tiga kali hingga diare berhenti.

Baca Juga :  Efek Samping Teh Chamomile Jika Diminum Secara Berlebihan

Pisang batu dapat mengatasi sakit perut

Pisang batu biasanya digunakan pada hidangan rujak cingur. Tak hanya sebagai bahan penambah rasa gurih pada kuliner rujak cingur, kandungan tannin dan saponin pada pisang batu bisa mencegah kamu sakit perut akibat cita rasa rujak yang pedas maupun alergi sambal.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here